Upaya Melestarikan Kebudayaan Madura, Pemkab Gelar Karapan Sapi Tingkat Kabupaten

SAMPANG – DISKOMINFO

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) menggelar Karapan Sapi Tingkat Kabupaten. Kerapan yang di gelar minggu 30/9 di Lapangan Desa Ketapang Barat Kecamatan Ketapang itu bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Karapan Sapi (Porkesap) Sampang sebagai pelaksana.
Hadir menyaksikan budaya yang menjadi ikon Madura itu Kepala Disporabudpar, Jajaran Forkopimda, Forkopimcam, Pengurus Porkesap, Perwakilan Bakorwil Pamekasan, masyarakat dan Pecinta Karapan Sapi.
Menurut Kepala Disporabudpar Kabupaten Sampang Drs Aji Waluyo M.Si Karapan Sapi merupakan produk budaya yang menjadi ikon Madura yang di minati wisatawan lokal dan mancanegara, “Kerapan Sapi ini wajib untuk di jaga dan di lestarikan sebab sudah menjadi ikon Madura,”ujar Drs Aji Waluyo M.Si.

Selain itu sebagai ajang seleksi menentukan Tiga terbaik katagori Menang serta Tiga terbaik katagori Kalah untuk mengikuti Piala Presiden yang rencananya akan di gelar bulan ini (Oktober) di Kabupaten Pamekasan. Ia berharap enam pasangan sapi yang berlaga dalam Karapan Sapi Tingkat Kabupaten bisa menyumbang gelar terbaik di Piala Presiden.
Setelah proses Karapan Sapi selesai tercatat juara untuk katagori Menang dan juara katagori Kalah. Untuk katagori Menang juara I di raih pasangan sapi milik H Sahid dengan nama Jet Matic, juara II Baong 99 milik Haris, juara III Hajar Bos milik Iptu Ivan Drajat. Sementara untuk katagori Kalah juara I Ronggolawe milik Fayik Inayah, juara II Indah pada Waktunya milik Hj Nonik, juara III Bojoku Nakal milik H Aulia Rahman.