Pesan Bupati (SAKIP) “paradigma budgeting kita rubah dari uang mencari program menjadi program mencari Uang”

Diskominfo-SampangBupati Sampang dan Wakil Bupati Sampang menghadiri dan Membuka Acara Pembukaan Impelmentasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan  (SAKIP) Oleh Bidang Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sampang di Hotel Swiss Belinn Surabaya, 19/3/2019.Dalam Sambutannya Bupati Sampang menyampaikan bahwa Kegiatan SAKIP nantinya agar SAKIP kita berkualitas harus ada singkronisasi antara RPJMD, Rencana Strategis, penetapan kinerja, pengukuran kinerja dan pelaporan kinerja dan pemanfaatan informasi kinerja.Penetapan anggaran bukan bagi-bagi kue tapi harus berdasarkan prioritas pembangunan Daerah karena itu paradigma budgeting kita ubah dari uang mencari program menjadi program mencari Uang konsekuensinya, program yang tidak mendukung pencapaian visi misi Bupati serta tidak jelas outputnya tidak perlu di beri anggaran.Slamet Junaidi juga berpesan Keberadaan SAKIP Pada Hakekatnya Menyadarkan Kita Sebagai Pengemban Amanah Dari Negara dan rakyat untuk menjalankan Pemerintahan Dengan sebaik-baiknya maka kita wajib mempertanggung jawabkan amanah itu.
Kita harus mengubah paradigma SAKIP bukan sekedar memilih ketentuan formal tetapi sebagai wujud pertanggung jawaban amanah sebagai aparatur negara kerena itu penyusunan dan Implementasinya tidak boleh main-main.
Perbaikan Pemerintahan dan sistem manajemen merupakan agenda penting dalam reformasi berokrasi yang sedang dijalankan oleh Pemerintah saat ini. Sistem manajemen Pemerintahan diharapkan berfokus pada peningkatan akuntabilitas serta sekaligus peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome). Maka Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk penerapan sistem pertanggung jawaban yang jelas dan teratur dan efektif yang disebut dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP).

Akuntabilitas merupakan kata kunci dari sistem tersebut yang dapat diartikan sebagai perwujudan dari kewajiban seseorang atau instansi Pemerintah untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui media pertanggung jawaban dan berupa laporan akuntabilitas yang disusun secara periodik.
Bupati dan Wakil Bupti yang sudah berniat mengikuti sampai selesai dan melihat secara Langsung Pemaparan satu-persatu oleh Setiap Kepala Dinas di acara Impelmentasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintahan (SAKIP) juga mengingatkan. “ Setiap rupiah yang kita belanjakan harus bermanfaat bagi rakyat Sampang” jelasnya. (why)