Penandatanganan MoU Pemkab Sampang dengan BIG


Diskominfo – Sampang
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi Menghadiri Acara penandatanganan kesepakatan bersama Kab. Sampang dengan badan informasi geospasial tentang MoU dengan Pemda, K/L dan Universitas, di Aula Utama BIG ( Badan Informasi Geosparcial ), Cibinong, Bogor, 21 /2/2019.Pada tanggal 17 Oktober 2016 Kabupaten Sampang Memperoleh penghargaan Bhumandala Award untuk Simpul Jaringan Data Spasial terbaik Pertama Kategori Kabupaten. Bhumandala Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, serta Instansi yang telah mengembangkan Simpul Jaringan Informasi Geospasial. Kabupaten Sampang akan terus dikembangkan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Badan Informasi Geospasial.

Kabupaten Sampang pada tahun 2017 memperpanjang MoU dan PKS dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) yang mana salah satu kerja sama yang dilaksanakan adalah pembuatan Peta Dasar yaitu Peta Citra Satelit Tegak Resolusi tinggi Skala 1:5.000. Pekerjaan tersebut selesai pada tahun 2018
Pada tahun 2019 Kabupaten Sampang akan melakukan perpanjangan MoU dan PKS dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) Untuk pelaksanaan tahun 2019 Kabupaten Sampang akan melaksanakan pembuatan Landuse dan Peta Desa, dari Implementasi Peta Citra Satelit Skala 1:5.000 yang sudah terselesaikan, sehingga dengan terbentuknya peta desa dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk pembangunan daerah

Saat di kofermasi kepada Kepala Bappelitbangda Ir. Tony Moerdiwanto, MSi. yang mendampingin Bupati Sampang melalui Telephon selulernya menjelaskan Acara penandatanganan kesepakatan bersama Kab. Sampang dengan badan informasi geospasial tentang MoU dengan Pemda, K/L dan Universitas, “ Buapti Sampang Sangat merespond dan Antusias sekali malah beliau datang Sendiri biasanya hanya di wakilkan” jelasnya. Antusias dari Orang Nomor Satu di Sampang ini sangat mengaspirasikan kerjasama tersebut dalam rangka untuk meningkatkan aktifitas dengan Peta geospasial ini semoga kedepannya lebih baik lagi dalam rangka kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Sampang Hebat Bermartabat.

Tony menambahkan, “Di Masa sekarang ini semuanya sekarang serba Smart dan otomatis akan mengarah pada Smart city, yang jelas info jaringan yang sudah di sampaikan dan telah dijalankan semoga kita lanjutin agar kita mendapatkan peta wilayah, yaitu peta dasar yang skalanya menjadi 1:5.000, supaya di kembangkan untuk data pemetaan suatu wilayah, dan beliau berpesan kepada setiap OPD yang melakukan pemetaan wilayah ataupun Informasi agar sesuai dengan data dan mengarah pada Peta geospasial”. pungkasnya.(why)