Warga Setujui Pembangunan Jalan Inspeksi Sungai Kamoning

Konsultasi publik yang digelar oleh DPUPR terkait pengadaan tanah jalan inspeksi Sungai Kamoning.

SAMPANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sampang menggelar Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk kepentingan umum Jalan Inspeksi Sungai Kamoning di Gedung PKPRI, Kabupaten Sampang, Selasa (28/9/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kanwil BPN Jawa Timur, Biro Pemerintahan Jawa Timur, Asisten II Pemkab Sampang Tony Moerdiwanto, Kepala Dinas PUPR Sampang Ach. Hafi,
dan Kabag Pembangunan.

Kepala Dinas PUPR Sampang Ach. Hafi mengatakan bahwa Konsultasi Publik tersebut merupakan tahap awal untuk melakukan pembebasan tanah Inspeksi Jalan Sungai Kamoning.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan terbukti dengan membagi menjadi tiga sesi karena ada sekitar 550 warga yang tanahnya terdampak.

“Kira kira ada sepanjang 7000 meter atau 7 hektare yang akan kita bebaskan meliputi enam kelurahan plus desa Pasean, panggung dan Tanggumong,” ungkapnya.

Setelah melakukan konsultasi publik karena mayoritas warga setuju maka akan dilanjutkan penentuan lokasi (penlok) yang akan diusulkan kepada Gubernur Jawa Timur.

Pihaknya berkomitmen jika dalam pengadaan lahan nantinya tidak akan memungut sepeserpun dari masyarakat dengan harapan hak yang mereka dapatkan nantinya sesuai.

Dengan adanya jalan inspeksi di Sungai Kamoning nanti pihaknya berharap akan mampu meningkatkan perekonomian sekitar karena akan dijadikan project ekowisata. (dhe)