Wakil Bupati Turun Kesungai Kali Kemuning


Diskominfo – Kominfo

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengukuhkan 18 personil sebagai petugas penjaga kebersihan dan keamanan sungai atau disebut Polisi Sungai. Pengukuhan berlangsung saat apel siaga sekolah sungai di lapangan Wijaya Kusuma Sampang, Jumat (3/5/2019) pagi.

Kegiatan apel Pagi  di ikuti seluruh jajaran instansi terkait Dari TNI,POLRI,PUPR,BPBD,POL PP,DPRKP,Dinas pendidikan,Dinas sosial ,Dinas kesehatan,Dinas ketahanan pangan ,DLH ,DPMD,Dinas perhubungan dan lain lainnya

Program sekolah sungai ini merupakan kegiatan sinergi antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang.

Peserta tahun ini yang ikut sedikit hanya 550  orang dibandingkan dengan tahun yang kemarin berjumlah 1000 0rang tutur Anang Djunaidi.

Sesudah melaksanakan apel siaga sekolah sungai di lapangan Wijaya Kusuma Sampang Bupati Sampang, meneruskan turun Langsung ke sungai Kali Kemuning memantau menaiki perahu karet menyusuri Sungai Kamoning menaiki perahu karet menyusuri Sungai Kamoning ditemani Kepala BPBD Anang Djoenaidi bersama – sama.

Wakil bupati sampang Abdullah Hidayat meninjau langsung beberapa  titik bantaran kali kemoning ,” alhamdulilah al hasil sudah bersih berarti BPBD bekerja dengan baik ,disetiap titik yang rawan sudah diselesaikan dengan baik” Terangnya .

mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi banjir tahunan. Seluruh elemen termasuk OPD supaya aktif melakukan pengawasan intens dan sosialisasi menjaga kebersihan lingkungan sungai,” jelasnya.

Wakil bupati sampang berharap kedepan untuk sungai kali kemuning tetap terjaga kebersihannya agar supaya tidak banjir lagi berharap kepada tugas BPBD yang sekolah tentang sungai ,setiap minggu atau tiap hari bisa mengecek karna disana banyak masyarakat membuang sampah langsung ke sungai ,dengan adanya BPBD diberi pengertian kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai yang mengakibatkan banjir nantinya.

Sementara Kabid Pengelolaan Sungai Dinas PUPR Sampang Zaiful Muqaddas, menambahkan fungsi dari petugas penjaga kebersihan dan keamanan sungai atau polisi sungai ini sebagai pengontrol kebersihan dan keamanan sungai.

Misalnya untuk menjaga kebiasaan buruk masyarakat yang sengaja membuang sampah atau limbah di sungai, kebiasaan menghilangkan atau merusak aset prasarana sungai seperti melubangi tebing/sheet pile, pengrusakan peralatan pompa banjir, maupun pengrusakan pintu air saluran pembuangan di kota.

Untuk itu, menurutnya, dengan adanya polisi sungai kedepan akan membantu kinerja pemerintah dalam menjaga kelestarian dan fungsi sungai di Kota Sampang.(why)