Wabup Sampang Secara Resmi Buka Musrenbangcam Robatal

 Musrenbangcam di Robatal.

SAMPANG – Selasa (18/02/2020) digelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2021 di tingkat Kecamatan Robatal.

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang di Robatal itu Penguatan Kontribusi Sektor Unggulan dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi menuju Sampang Hebat Bermartabat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Pj. Sekdakab Yuliadi Setiawan, Perwakilan DPRD Sampang Dapil III, para Kepala OPD, Forkopimcam Robatal, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

Camat Robatal H. Kiyatno SE., MM dalam laporannya menyampaikan jika dilaksanakannya Musrenbang itu untuk merumuskan musyawarah tahunan antar pemangku kepentingan.

Tujuannya untuk membahas dan menyepakati juga hasil musyawarah perencanaan pembangunan yang dilakukan di tingkat desa.

Adapun potensi yang ada di Robatal diantaranya dari sektor pertanian hampir menyeluruh desa, sentra batik di Desa Jelgung, meubel di Desa Tragih, Agropolitan di Desa Gunung Rancak dan Lepelle.

Selama ini ada beberapa permasalahan dan kendala juga yang dialami masyarakat di Robatal terutama masalah kekeringan karena hal itu menjadi hantu ketika musim kemarau.

“Masalah kekeringan yang selalu menimpa masyarakat ini perlu perhatian khusus penanganan jangka panjang sehingga kita tidak selalu dihantui krisis air bersih ketika sudah tiba musim kemarau,” ucapnya.

Ditambahkan olehnya, di Robatal hanya ada dua BUMDes yang dikelola secara sehat, di Desa Jelgung sendiri melalui BUMDesnya mampu menghasilkan Pendapat Asli Desa (PADes) sebesar 10 juta tiap tahunnya.

Ketika musim penghujan, pihaknya bersama Puskesmas setempat melakukan program safari ke Masjid beberapa desa untuk mensosialisasikan dan memberi obat pencegahan demam berdarah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Sambutan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan jika usulan musyawarah dari desa diharapkan tersalurkan ketika pelaksanaan Musrenbangcam.

“Program yang telah terealisasi di 2019 akan dievaluasi, kemudian dilakukan perencanaan untuk pembangunan tahun depan dan diharapkan hal itu sesuai dengan usulan masyarakat di bawah,” ujarnya.

Ada lima prioritas pembangunan di era kepemimpinannya bersama Bupati H. Slamet Junaidi diantaranya peningkatan kualitas sektor perekonomian dan pembangunan yang berkelanjutan serta pengentasan kemiskinan serta kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan pendidikan dan kesehatan.

Kemudian percepatan Reformasi dan Birokrasi serta peningkatan harmonisasi kehidupan sosial masyarakat.

Menganggapi isu kekeringan di Robatal, ketika sambutan dirinya langsung memerintah Kepala DPRKP yang saat itu hadir juga untuk segera melakukan perencanaan untuk mengentas permasalahan kekeringan.

Di akhir, dirinya berharap peran serta masyarakat juga terlibat dalam proses pembangunan di Sampang untuk mewujudkan visi Hebat Bermartabat. (dhe)