Wabup Sampang Buka Rakor Dewan Masjid Indonesia Bersama Lintas Sektor

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat secara resmi membuka Rapat Koordinasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sampang bersama BPRS BASS dan Baznas Kabupaten Sampang di Gedung Karta, Rabu (24/3/2021).

Turut hadir pada Rakor tersebut diantaranya Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur, Ketua DMI Samlang K.H A. Nashir Sayuti, Direktur Utama BPRS BAS Sampang Syaifullah Asyik, Ketua Baznas Kabupaten Sampang Syaifullah Asyik serta Ketua MUI Sampang KH Buchori Maksum.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dalam sambutannya menyampaikan jika rakor tersebut diharapkan menjadi representasi sinergi antara DMI Kabupaten Sampang dengan lintas sektor seperti halnya Baznas sebagai lembaga amil zakat dan BPRS.

Eksistensi DMI Kabupaten Sampang menurutnya harus dipandang dari perspektif pembinaan umat sesuai fungsi dan perannya dengan tujuan mewujudkan masjid-masjid yang ada sebagai pusat ibadah serta pengembangan dan persatuan umat.

Peran dan fungsi masjid juga harus terus dioptimalkan jangan sampai umat muslim jauh atau terasingkan dari masjid masjid harus kita dapatkan dalam pemberdayaan umat.

“Saya merasa kagum dan mengapresiasi karena rakor kali ini juga dilakukan launching buku berjudul fiqh masjid yang akan menjadi referensi penting terkait bagaimana pengelolaan dan peran masjid dalam koridor hukum agama,” ungkapnya

Haji Abdullah Hidayat juga mengucapkan terima kasih kepada BPRS BASS Sampang yang telah menghibahkan mobil operasional DMI Kabupaten Sampang yang diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk optimalisasi fungsi dan peran DMI. (dhe)