Wabup Sampang Aba Ab Hadiri Musda AKD Jawa Timur

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat menghadiri Musda AKD Jawa Timur.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri pelaksanaan Musyawarah Daerah Asosiasi Kepala Desa Jawa Timur (Musda AKD Jatim) yang digelar di Amartha Hills Hotel & Resort Kota Batu Rabu (16/3/2022) malam.

Musda yang dibuka oleh Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak dihadiri juga oleh sekitar 300 undangan, terdiri atas 120 kepala desa yang merupakan 4 perwakilan kepala desa pengurus AKD dari masing-masing kabupaten/kota, sejumlah pejabat antara lain Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, Ketua DPRD Ngawi Kusnindar, Ketua Fraksi PDIP Tuban Tulus Setyo Utomo, Kapolres Kota Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan SIK MSi, dan I Gede Arimbawa, Regional Chief Executif Officer Bank Mandiri Jawa Timur.

Pembina AKD Jatim Dwi Putranto Sulaksono menegaskan bahwa Musda AKD Jatim tahun ini menjadi titik tolak para kepala desa di Jawa Timur untuk membangun dan semakin memajukan ekonomi serta masyarakat di desanya.

Lebih jauh Dwi Putranto mengatakan Musda AKD Jatim ini juga bersejarah sebab sekaligus dilakukan launching Manajer Desa Mandiri yang merupakan program pertama di Indonesia semacam jaminan hari tua (JHT) bagi kades setelah para kepala desa tersebut tidak menjabat lagi.

Selain itu, pihaknya juga akan memaparkan berbagai program AKD Jatim ke depannya seperti BUMDesmart yang akan menjadi dorongan kemajuan ekonomi desa dan para pelaku usaha di desa.

Konsep BUMDesmart menampung seluruh hasil produksi dan potensi desa. Bahkan tiap desa bisa saling tukar informasi untuk menopang dengan produksi unggulannya masing-masing, seperti hasil pertanian maupun perkebunan.

“Saya yang menjamin kepada pihak ketiga semua sistem pelayanan yang akan dibentuk. Dari perbankan, bumdesmart, SPBU desa, kedai obat desa, dan sebagainya,” kata pria kelahiran Tuban itu.

Hal senada disampaikan Ketua AKD Jatim H. Munawar. Kades Rosep Kec. Blega Kabupaten Bangkalan penerima Madura Award 2021 ini mengharapkan agar program Manajer Desa Mandiri bisa terwujud dengan baik sekaligus untuk memakmurkan desa.

“Jadi, warga dan kepala desanya sama-sama makmur. Kami berusaha makmur sejahtera bersama dengan program Manajer Desa Mandiri ini,” katanya

Sementara itu, Wagub Emil mengatakan, pihaknya mendukung semua program AKD Jatim seperti Bumdesmart, lumbung desa modern, dan program-program lain sebab bisa meningkatkan perekonomian desa sekaligus mensejahterakan masyarakat desa.

Hal itu juga sejalan dengan program Pemprov Jatim. “Pemprov Jatim menyambut positif semua program AKD Jatim,” pungkasnya. (dhe)