Wabup Ingatkan Kades Adopsi Hal Positif Dari Kegiatan Bimtek – Study Banding di Banyuwangi

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memberikan sambutan.

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kepala Desa (Kades) yang berlangsung di Hotel Mirah, Kabupaten Banyuwangi, Jum’at (28/08/2020).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian awal dari Study Banding yang dilakukan seluruh Kepala Desa sebanyak 180 orang beserta Pendamping ke Kabupaten Banyuwangi.

Turut hadir serta dalam kesempatan tersebut diantaranya Pj. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Suhanto, Camat se Sampang dan Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Sampang Akhmad Mohtadin dan seluruh Kepala Desa se Sampang.

Para Kepala Desa saat mengikuti pembukaan Bimtek Peningkatan Aparatur Desa.

Ketua Pelaksana Study Banding yang merupakan Ketua AKD Akhmad Mohtadin menyampaikan jika tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para Kepala Desa.

Adapun narasumber yang akan mengisi kegiatan tersebut diantaranya dari DPMD Kabupaten Banyuwangi kemudian Kepala Desa Kemiren dan Taman Sari yang sukses mengelola desanya menjadi Desa Mandiri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 27 hingga 30 Agustus 2020 dengan agenda Bimtek dan akan Study Banding ke Desa Kemiren dan Taman Sari.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat dalam kesempatan berpesan kepada para Kepala Desadan Pendamping Desa untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan Bimtek dan Study Banding.

“Tentunya program ini dilakukan agar para Kepala Desa mampu mentransfer ilmu dari hasil bimteknya ke desanya masing-masing nanti ketika pulang dengan harapan akan menjadikan Desa Maju dan Mandiri,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya berharap melalui Bimtek dan Study Banding tersebut akan terwujud Desa Mandiri di Sampang dengan penghasilan Pendapatan Asli Desa (PADes) yang tinggi.

“Di Banyuwangi banyak Desa yang mandiri sehingga perlu dijadikan contoh nanti para Kepala Desa bisa banyak belajar ketika Study Banding,” tambahnya.

Ditanya mengapa memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai lokasi Study Banding, pria yang akrab disapa Haji Ab tersebut mengungkapkan jika secara geografis tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Sampang.

“Kita ingin Sampang akan menjadi Banyuwangi yang kedua, kita imbau para Kades untuk mengikuti rangkaian kegiatan Bimtek dan Study Banding dengan baik untuk tercapainya visi saya bersama Bupati Hj. Slamet Junaidi Hebat Bermartabat,” tutupnya. (dhe)