Wabup Abdullah Hidayat Menjadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin di Sampang

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat disuntik vaksin.

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menjadi orang pertama yang disuntik vaksin di Kabupaten Sampang, Kamis (28/1/2021) di Pendopo Trunojoyo.

Pencanangan vaksinasi tersebut turut dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang dan Tokoh Agama beserta Masyarakat.

Sekdakab Sampang H. Yuliaidi Setiawan saat disuntik vaksin.

Plt. Kadinkes Sampang Agus Mulyadi menyampaikan bahwa ada belasan pejabat publik dan tokoh agama beserta influencer yang akan divaksin pada tahap pertama.

Tema yang diangkat pada vaksinasi saat ini adalah Aman dan Halal dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Ada beberapa pejabat publik yang kita agendakan untuk divaksin pada tahap pertama namun juga harus melewati tahap screening ketika tidak lolos tidak bisa divaksin,” ungkapnya.

Launching Vaksinasi merupakan sebuah tanda dimulainya tahapan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sampang.

Adapun jenis vaksin yang dipakai adalah vaksin sinovac.

“Jumlah vaksin yang sudah tiba di Sampang ada sebanyak 1.480 di tahap pertama dengan prioritas pejabat publik, tenaga kesehatan,” ucapnya.

Kemudian pada tahap kedua nanti akan dilakukan Vaksinasi terhadap petugas pelayanan publik dan lansia pada bulan Februari hingga April 2021.

Selanjutnya vaksinasi tahap ketiga akan dilakukan vaksinasi terhadap masyarakat yang memiliki kerentanan tinggi terhadap klaster Covid-19 yang akan dilangsungkan.

Pria yang akrab disapa Agus tersebut menyampaikan bahwa Bupati Sampang H. Slamet Junaidi tidak menjadi prioritas vaksinasi karena menjadi penyintas Covid-19.

Pemukulan gong tanda domulai pencanangan vaksinasi.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan kabar hoax yang berkaitan dengan vaksin.

“Vaksin ini halal dan aman, kepada masyarakat kita berpesan bahwa jangan takut apalagi semakin merebak informasi hoax,” pesannya.

Pihaknya berharap dengan adanya vaksin tersebut bisa menekan angka penyebab Covid-19 di Kabupaten Sampang.

Usai disuntik vaksin, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat kemudian diobservasi selama tiga puluh menit mengaku tidak merasakan gejala sakit apapun.

“Alhamdulillah setelah disuntik vaksin, saya merasa tambah aman menghadapi Covid-19, tidak ada gejala sakit apapun,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, ada beberapa pejabat publik yang lolos screening secara kesehatan untuk divaksin diantaranya Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Dandim 0828/Sampang, Ketua Pengadilan Negeri Sampang, Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiawan.

Selain itu juga dari unsur Tokoh Agama Ketua PCNU Kabupaten Sampang KH. Itqon Busiri, Tokoh Kepemudaan Moh. Jakfar dan Moh. Iqbal Fathoni, Direktur RS dr. Mohammad Zyn dr. Titin Hamidah, Plt. Direktur RS Ketapang beserta Ketua Organisasi Profesi seperti IDI dan PPNI. (dhe)