TP PKK Sampang Panen Raya Tomat di Kecamatan Banyuates

Panen raya tomat di Desa Olor Kecamatan Banyuates.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua TP PKK Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi dan Wakilnya Hj. Vanny Abdullah Hidayat bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sampang Hj. Enny Yuliadi Setiyawan menghadiri Panen Raya Tomat dan Ekspose Potensi Unggulan Pertanian serta Pelaksanaan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu di Desa Olor Kecamatan Banyuates (30/9/2021).

Kehadiran rombongan Ketua TP PKK Kabupaten Sampang ke Desa Olor Banyuates disambut baik oleh Hj. Tohir Ketua BPD yang mewakili Kepala Desa setempat.

Dalam pidatonya, dirinya menyampaikan bahwa kehadiran Ketua TP PKK bersama rombongan sangat dinantikan warga setempat untuk memperlihatkan potensi-potensi pertanian yang ada di Desa Olor.

“Kedatangan Ibu sangat kami nantikan, kami tidak sabar menunjukkan potensi pertanian yang kami miliki, semoga kedepannya ada dampak signifikan untuk kemajuan Desa kami khususnya dibidang pemasaran hasil pertanian, ” ujarnya.

Berdasarkan pemaparannya, Desa Olor memiliki beragam potensi pertanian mulai dari cabai besar, tomat, beras merah pamelen dan juga beras unggul nutri zink yang baik untuk mencegah stunting pada anak.

“Selain penghasil tomat, Desa kami juga punya hasil pertanian cabai besar, beras merah unggul pamelen dan juga beras unggul nutri zink yang sangat baik untuk mencegah stunting pada anak, ” Jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa hasil pertanian Desa Olor tersebut kemudian diolah menjadi produk lain untuk meningkatkan nilainya.

“Desa Olor memproduksi saos dan juga produk lainnya berharap kedepannya dapat dibantu pemasarannya agar penduduk desa disini semakin antusias untuk bertani dan tidak perlu lagi ke luar negeri menjadi TKI, ” harapnya.

Di sisi lain Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi menyampaikan bahwa hal ini merupakan prestasi yang diperoleh dari hasil sinergi segala pihak, mulai dari petani, opd terkait, penyuluh dan sebagainya.

“Ini prestasi kita semua, petani, opd dan semua yang berkontribusi di dalamnya, mari kita syukuri bersama untuk tercapainya ketahanan pangan masyarakat, ” ucapnya.

Hasil pertanian menurutnya merupakan salah satu sektor penting dalam terciptanya kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sampang karena mampu menjaga ketersediaan pangan dan kecukupan gizi.

” Hasil tani sangat penting bagi ketersediaan pangan dan kecukupan gizi masyarakat di Kabupaten Sampang, khususnya tomat yang paling tinggi penggunaannya dan dijuluki sebagai komoditas multi manfaat karena tomat banyak sekali dimanfaatkan masyarakat, untuk saus, makanan atau minuman,”ungkapnya.

Ia berharap agar masyarakat setempat dapat terus termotivasi untuk bertani, didukung segenap stake holder dan penyuluh agar hasil pertanian semakin optimal.

“Saya berharap stakeholder hingga poktan terus termotivasi dalam bertani dan penyuluh dapat terus mendampingi poktan agar hasil Pertanian semakin optimal, ” harapnya. (rsa/dhe)