Pemerintah Kabupaten Sampang

Tinjau Vaksinasi Anak di Torjun, Aba Ab Targetkan Capaian Dosis Pertama 100 Persen

Aba Ab saat meninjau pelaksanaan vaksinasi.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati H Abdullah Hidayat bersama Forkopimda Kabupaten Sampang meninjau vaksinasi anak 6-11 tahun di Kantor Kecamatan Torjun, Rabu (9/3/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Disdik dan Forkopimcam Kecamatan Torjun serta BIN.

Camat Torjun Moh. Lutfi Maliki menyampaikan bahwasanya saat ini sedang mengebut capaian vaksinasi anak di Kecamatan tempatnya memimpin.

“Biasanya percepatan vaksinasi kita ubah mindsetnya menjadi pengebutan vaksinasi anak agar bertambah cepat distribusinya, ” ucapnya.

Pada gebyar vaksinasi tersebut camat setempat mengupayakan anak-anak sekolah usia 6-11 tahun melampaui target yang telah ditetapkan.

“Hari ini kita targetkan 1500 anak yang divaksin, insyaAllah lebih” ujar Luthfi.

Kedepannya, Luthfi akan melakukan sosialisasi kepada para wali murid untuk mendampingi anaknya dalam melakukan vaksinasi, sehingga pemberian vaksin dapat lebih terarah.

“Kita akan bersosialisasi Mmengajak semua wali murid agar lebih maksimal, harus ditungguin oleh orang tua untuk mengetahui rekam jejak daripada anak anaknya, ” imbuhnya.

Disisi lain, Wakil Bupati Sampang Aba Ab meminta kepada seluruh sektor penggerak bekerjasama secara aktif untuk memaksimalkan program vaksinasi anak.

“Kegiatan ini harus ada sinergitas antara BIN Camat, Kepala Dinas, Kepala Desa serta Puskesmas harus aktif sebagai ujung tombaknya keberhasilan vaksinasi anak ini, ” ujarnya.

Ia meminta para nakes untuk memberikan pelayanan dengan prima bila terjadi reaksi pasca dilakukan vaksinasi.

“Bagi tenaga kesehatan harus siaga, kita harus tingkatkan antisipasi pasca vaksinasi, jika ada masyarakat yang sakit harus segera dilayani. Langsung hubungi bidan desa setempat, kalau belum bisa hubungi kepala desanya, kalau belum sigap juga langsung hubungi saya biar saya yang tegur kepala dinasnya,” tegasnya.

Namun menurutnya vaksinasi anak di Kecamatan Torjun pada hari itu berhasil mencapai target harian yang telah ditentukan, dikarenakan telah mencapai lebih dari target harian yang telah ditetapkan.

“Alhamdulillah, dari target 1500 anak, Kecamatan Torjun berhasil memberikan vaksin kepada lebih dari target yang sudah ditentukan, maka vaksinasi hari ini berhasil, ” tandasnya.

Melihat keberhasilan tersebut, Aba Ab optimis menargetkan agar Kecamatan Torjun kedepannya dapat mencapai target vaksinasi anak secara sempurna agar kedepannya dapat menjadi percontohan bagi Kecamatan lainnya.

“Kepada para kepala desa, mohon disisir lagi masyarakatnya. Berikutnya akan ada tahap kedua agar supaya kecamatan torjun bisa 100 persen sehingga jadi percontohan,” tandasnya. (rsa/dhe)

Search