Tinjau Keberadaan Rumah Pompa, Gubernur Khofifah – Wabup Sampang : Kita Ingin Problematika Banjir Teratasi

Rumah pompa yang berada di Jalan Bahagia saat dicek oleh Gubernur Jawa Timur didampingi Wakil Bupati Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang ke Kabupaten Sampang dengan tujuan meninjau kesiapan Rumah Pompa dan Pintu Air saat intensitas hujan tinggi, Sabtu, (13/11/2021).

Turut mendampingi peninjauan diantaranya Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H Yuliadi Setiawan DPUPR, BPBD, Kepala Dishub, Kepala Satpol PP Sampang serta sejumlah pejabat dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

Banjir tahunan di daerah aliran sungai Kamoning kerap terjadi dan membanjiri sejumlah kawasan oleh sebab itu pihaknya tak ingin kejadian itu terulang tahun ini,

Gubernur Khofifah ingin memastikan bahwa rumah pompa di aliran sungai Kemuning dalam kondisi prima sehingga bisa mencegah potensi bencana banjir maupun bencana hidrometeorologi yang lain.

Adapun tiga titik pompa air yang ditinjau oleh Gubernur Jawa Timur diantaranya di Jalan Bahagia Kelurahan Rongtengah, Jalan Delima Kelurahan Gunung Sekar dan rumah pompa di Jalan Imam Bonjol.

Kedatangan Gubernur Jawa Timur untuk memastikan tiga rumah pompa air tersebut berfungsi dengan baik namun saat ditinjau diketahui bahwa masing-masing rumah pompa memiliki problematika yang berbeda dan harus segera diatasi untuk mengantisipasi bencana banjir.

“Pompa air di jalan bahagia masih memiliki masalah yaitu pipa penyedot di bagian tengah belum berfungsi, kemudian rumah pompa di jalan Delima ada aki yang tidak berfungsi,” ungkapnya.

Sedangkan pompa air yang ada di Dek Bukor, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang kabelnya tidak ada sengga perlu genset tambahan di lokasi tersebut.

“Kedatangan kami kesini untuk mengkroscek keberadaan rumah-rumah pompa dan pintu air di sungai ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengatakan jika kedatangan Gubernur Jawa Timur ini dalam mengkroscek tiga rumah pompa air ini agar menemukan solusi sesuai dengan temuannya dan laporan dari masyarakat.

“Semua kekurangan-kekurangan rumah untuk di Jalan Imam Bonjol terkendala sebab dalam tahap pengadaan, dan untuk sekarang walaupun masuk musim penghujan ahamdulillah belum ada banjir,” tuturnya.

Lanjutnya, H. Abdullah Hidayat menyampaikan pesan Gubernur Jatim, Pemerintah Kabupaten Sampang untuk bersabar mengenai kondisi penanganan yang ada saat ini.

“Tadi Gubernur berpesan kepada saya, yang penting ada solusi dan bisa bekerja dengan baik pompa air yang ada,” pesannya. (dhe)