Terbebas dari BABS, Bupati Sampang Raih Penghargaan ODF dari Gubernur Jawa Timur

 

MOJOKERTO – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menerima Penghargaan Open Defecation Free (ODF) dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Senin (13/12/21) di Hotel Ayola Sunrise Kota Mojokerto.

Penghargaan tersebut diserahkan saat acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Provinsi Jawa Timur yang turut dihadiri oleh Kepala Daerah se-Jawa Timur beserta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan ODF diberikan dikarenakan Kabupaten Sampang menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang berhasil menghilangkan kebiasaan masyarakat Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan bahwa penghargaan tersebut diraih berdasarkan salah satu indikator pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat dan perilaku masyarakat yang semula BAB di sembarang tempat kini beralih ke MCK berbasis rumah tangga.

“Piagam penghargaan tersebut menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan oleh dinas terkait berjalan optimal,” ucapnya.

Perhargaan tersebut diperoleh juga atas kerja keras Pemerintah Kabupaten Sampang sejak beberapa tahun terakhir terus mengedukasi dan merubah pola perilaku masyarakat di 180 desa dan 6 kelurahan untuk sadar kesehatan lingkungan.

Lebih lanjut, Haji Idi mengatakan bahwa program pembangunan lingkungan tersebut berangkat dari bawah dan berbasis masyarakat, sehingga cenderung lebih sustainable dan awet.

Pihaknya mengaku akan terus mendorong masyarakat untuk berkreasi secara kreatif dan konstruktif agar kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, termasuk masalah sanitasi akan semakin meningkat.

Di akhir, Bupati Sampang berharap diraihnya penghargaan ini bisa membuat masyarakat Sampang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan lingkungan. (dhe)