Tahun Baru Hijriyah, MTD Trunojoyo Gelar “Ter-Ater Tajin Sorah” kepada Bupati Sampang

Foto : Prokopim Pemkab

SAMPANG – Komunitas Madura Tempoe Doeloe (MTD) Trunojoyo melakukan Ter-Ater Tajin Sorah kepada Bupati Sampang dan keluarga di Pendapa Trunojoyo, Selasa (10/8/2021).

Anggota MTD Ustadz Achmad Buchori yang ikut serta mengantar tajhin sorah menyampaikan makna dari kegiatan tersebut sebagai perekat tali silaturahmi antara masyarakat dan pemimpin.

“Bersamaan dengan momentum 1 Muharram kita terus lestarikan tradisi sesepuh dahulu, alhamdulilah rombongan MTD disambut dengan hangat oleh Bapak Bupati,” ucapnya.

Foto : Prokopim Pemkab

Ustadz Buchori menceritakan pada bulan Muharram terjadi tragedi banjir bandang di jaman Nabi Nuh yang menghanyutkan orang yang tidak beriman.

“Kami juga lakukan penyiraman air kendi di halaman Pendapa dengan tujuan menolak balak, mudah-mudahan Kabupaten Sampang bisa terlepas dari Pandemi Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyambut baik komunitas Madura Tempoe Doeloe (MTD) Trunojoyo yang senantiasa melestarikan adat tradisi leluhur.

“Seiring berkembangnya waktu, tradisi tidak boleh terkikis oleh jaman, harus terus dilestarikan agar anak cucu kita mengetahui juga,” pesannya.

Di akhir, Haji Idi berharap Komunitas MTD Trunojoyo terus senantiasa menjadi organisasi yang bergerak melestarikan adat dan budaya di Kabupaten Sampang. (dhe)