Songsong Kabupaten Layak Pemuda, Wabup Abdullah Hidayat Buka Rakerda DPD KNPI Sampang

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat membuka Rakerda DPD KNPI Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka pelaksana Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Periode 2021-2024 di Hotel Spencer Green, Batu, Sabtu (18/9/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPD KNPI Jatim Ahmad Nur Aminuddin, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM Noer Faisal, dan juga Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Narkoba Imam Syafi’i.

Ketua DPD KNPI Sampang Nurul Huda menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakerda bertujuan untuk menggodok program kerja prioritas yang akan dilaksanakan oleh organisasinya selama satu periode.

Selain itu, kegiatan Rakerda juga sebag momentum memupuk soliditas antar pengurus yang baru saja dilantik agar memiliki visi yang sama membesarkan KNPI Sampang.

“Ikhtiar, komitmen sekali layar tertancap kita akan mengorbankan waktu dan tenaga, untuk KNPI dan untuk Sampang demi menyongsong Kabupaten Layak Pemuda,” ucapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan memprioritaskan untuk membentuk Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) sebagai bentuk penguatan kaderisasi internal.

Pengurus DPD KNPI Sampang dan Sekjen DPD KNPI Jatim bersama Wakil Bupati Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Di tempat yang sama Sekjen DPD KNPI Jatim Ahmad Nur Aminuddin menyampaikan bahwa KNPI merupakan miniatur nafas dari semua Organisasi Kepemudaan (OKP) di seluruh Indonesia yang sudah terdaftar secara nasional dan ditetapkan melalui kongres.

Pria yang akrab disapa Gus Amin itu berpesan agar dalam menjalankan fungsi organisasi selama empat tahun kedepan, DPD KNPI Sampang tetap berpegang teguh pada UU Nomor 40/2009 Tentang Kepemudaan.

“Kalau dulu ketika masih ada di OKP kita mungkin punya pemikiran masing-masing dan hanya bisa face to face. Tapi, ketika sudah duduk di KNPI semuanya harus melebur menjadi satu kekuatan yang dapat melahirkan pemikiran positif untuk kemajuan daerah,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan apresiasi kepada KNPI Sampang yang telah kembali kepada jalurnya bagaimana bisa merangkul para pemuda di Kabupaten Sampang.

Pihaknya menegaskan bahwa Pemkab Sampang akan mendukung program yang dicanangkan oleh DPD KNPI.

“Program Pemerintah Daerah yang ada hubungannya dengan kepemudaan akan melibatkan KNPI,” ucapnya.

Pihaknya memiliki harapan besar bagiamana pelaksanaan Rakerda yang diselenggarakan bisa menghasilan rumusan program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode untuk kemajuan Kabupaten Sampang.

Selain itu, H. Abdullah Hidayat berpesan agar KNPI bisa menjadi mitra atau bagian dari Pemkab dalam mewujudkan Kabupaten Sampang yang hebat dan bermartabat.

“Pemuda adalah aktor pengambilan kebijakan baik secara langsung maupun tidak langsung, Pemkab tidak anti terhadap kritik. Sampaikan kritik yang solutif dan membangun,” pungkasnya. (dhe)