Seriusi Peningkatkan IPM, Bupati Sampang Serahkan Beasiswa Sahabat kepada 53 Mahasiswa

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyerahkan Beasiswa Sahabat.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyerahkan Beasiswa Sahabat kepada 53 Mahasiswa, di Pendapa Trunojoyo, Kamis (16/9/2021).

Turut hadir pada saat penyerahan beasiswa diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Pengurus Yayasan Beasiswa Sahabat.

Pada kesempatan tersebut diserahkan beasiswa sahabat pintar prestasi kepada 5 mahasiswa kemudian beasiswa sahabat pintar bidik misi 8 mahasiswa.

Kemudian beasiswa sahabat pintar bidik misi di Poltera sebanyak 27 mahasiswa, beasiswa sahabat tuntas/tidak mampu kuliah PTS Madura 11 mahasiswa dan Beasiswa Sahabat Juara 1 mahasiswa.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat memberi sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan Pemerintah Daerah membentuk Yayasan Beasiswa Sampang-Bermartabat agar tersedia Dana Abadi Pendidikan dari berbagai sumber untuk dipergunakan khusus pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan lainnya untuk anak-anak berprestasi dan kurang mampu.

Pihaknya menyampaikan bahwa akan menambah jumlah penerima beasiswa di tahun berikutnya agar semakin banyak masyarakat yang bisa menempuh pendidikan tinggi.

“Kita akan mencari sumber anggaran lain, seperti melalui CSR dll, termasuk akan membuat himbauan kepada ASN secara sukarela untuk menyumbangkan sebagian kecil gajinya untuk program beasiswa bagi mahasiswa keluar kurang mampu,” ucapnya.

Pihaknya berpesan kepada para penerima beasiswa agar terus belajar dengan semangat tinggi agar memiliki SDM yang unggul dan berdaya saing guna menggapai cita-cita.

“Kami menyadari beasiswa yang diterima mungkin kurang dari kata cukup. Namun demikian saya berharap pemberian bantuan beasiswa ini bisa bermanfaat bagi para mahasiswa dan meringankan beban orangtua,” ungkapnya.

Program Beasiswa Sahabat juga sebagai bentuk upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sampang yang mana pada tahun 2020 mengalami angka
kenaikan.

“Kedepan harus ada regenerasi dari kalian menjadi pemimpin, dan pemikir untuk kemajuan Kabupaten Sampang,” tandasnya. (dhe)