Serahkan LKPD 2021 ke BPK Jatim, Aba Idi Optimis Kabupaten Sampang Raih Opini WTP ke 4 Kalinya

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyerahkan LKPD Tahun Anggaran 2021.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SURABAYA – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Kabupaten Sampang Tahun Anggaran 2021 Unaudited di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Selasa (15/3/2022).

Turut serta hadir sejumlah kepala daerah di Jawa Timur untuk menyerahkan LKPD Tahun 2021 yakni Bupati Lamongan dan Bupati Bondowoso, Bupati Banyuwangi, Walikota Pasuruan.

Ketua BPK Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono menyampaikan jika penyerahan LKPD ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah No. 71 tahun 2010 tentang standar akutansi pemerintahan.

“Penyerahan LKPD ini merupakan salah satu pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD sesuai dengan amanat perundang-undangan,” ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa laporan keuangan pemerintah daerah di Provinsi Jawa Timur menunjukkan adanya trend peningkatan kualitas pelaporan kearah yang lebih baik.

“Dalam perkembangannya Pemerintah Daerah di Provinsi Jawa Timur telah menunjukkan kualitas pertanggungjawabannya, hal ini dapat ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah pemerintah daerah yang mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Opini WTP), ” tandasnya.

Lima daerah yang hadir dalam audit tersebut menuai pujian, hal ini dikarenakan kelimanya berhasil mendapatkan Opini WTP, salah satunya Kabupaten Sampang.

“Pemerintah Lamongan, Bondowoso, Banyuwangi, Pasuruan dan Sampang telah berhasil meraih peringkat Opini WTP untuk laporan keuangan, semoga dapat terus mempertahankan budaya pengelolaan keuangan yang transparan, ” lanjutnya.

Disisi yang berbeda, dalam pemenuhan amanat perundang-undangan, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyatakan memberikan atensi dan komitmen penuh terhadap pengelolaan keuangan di Kabupaten Sampang untuk kemudian diaudit olek BPK RI Provinsi Jawa Timur.

“Sebagai bentuk komitmen dan atensi penuh, saya mengantarkan sendiri LKPD Kabupaten Sampang tahun 2021 ini yang telah direview oleh inspektorat kabupaten Sampang sebagai wujud akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sampang,” ungkapnya.

Sebagai bentuk komitmen, Aba Idi menegaskan akan kooperatif dengan tim audit dalam penyediaan bahan informasi audit.

“Selama audit yang nantinya berjalan selama 1 bulan, kami akan tetap kooperatif dengan tim BPK RI Provinsi Jawa Timur utamanya dalam hal penyediaan data dan informasi yang diperlukan, “tambahnya.

Aba Idi berharap agar hasil audit dapat menjadi evaluasi dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami berharap tim audit dapat memberikan saran, masukan dan perbaikan supaya kita para kepala daerah dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja kami di daerah masing-masing sehingga tertib administrasi dan pelayanan publik semakin baik, transparan dan akuntable,” harapnya.

Sebelumnya, Kabupaten Sampang mendapatkan penghargaan atas Opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam 3 tahun kepemimpinannya secara berturut-turut, ia berharap tahun ini dapat kembali menyandang gelar tersebut.

“Terimakasih kepada BPK Provinsi Jawa Timur atas pembinaan, atensi dan kerjasamanya selama ini sudah terjalin dengan baik, semoga semua pemerintah kabupaten yang hari ini menyerahkan RKPD tahun 2021 dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian yang telah diraih pada tahun tahun sebelumnya,” tutupnya. (rsa)