Serahkan Hadiah Festival Kabupaten Sehat, Bupati Sampang Bidik Penghargaan Swasti Saba Wistara

Penyerahan hadiah kepada pemenang Festival Kabupaten Sehat.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Setelah sebelumnya menggelar berbagai kegiatan, Forum Sampang Sehat (FSS) menggelar Resepsi sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang Festival Kabupaten Sehat, di Pendapa Trunojoyo, Rabu (16/11/2022).

Resepsi Festival Kabupaten Hebat dihadiri oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Seluruh Kepala OPD dan Camat, Ketua Forum Sampang Sehat Siti Farida bersama Pengurus.

Ketua Forum Sampang Sehat Siti Farida menyampaikan bahwa digelarnya Festival Kabupaten Hebat untuk membudayakan perilaku bersih dan sehat dimulai dari perkantoran pemerintah baik di tingkat Kabupaten.

Selain itu, hal tersebut juga sebagai upaya Pemerintah Daerah membidik capaian penghargaan Swasti Saba Wistara 2023.

“Tahun ini kita meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda, tahun depan kita bidik Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tingkat tertinggi dari Kementrian Kesehatan untuk Kabupaten Sehat,” ujarnya.

Penilaian dilakukan oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Ketua Dharma Wanita dan tim dari Forum Sampang Sehat (FSS) mulai dari 10-30 Oktober 2022.

“Pelaksanaan Festival Kabupaten Sehat diikuti sebanyak 22 Organisasi Perangkat Daerah, kemudian 22 faskes dan 14 pasar serta 4 titik taman,” ungkapnya.

Hasil kroscek di lapangan, pihaknya menemukan masih banyak Faskes yang kurang mengedukasi pengunjung untuk tidak merokok sembarangan.

Kemudian alat medis berkarat serta keberadaan sampah pasar yang berserakan sehingga menimbulkan bau dan mencemari lingkungan.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyampaikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi berharap dengan digelarnya Festival Kabupaten Sehat menjadi ajang evaluasi dan kesiapan untuk membidik penghargaan Swasti Saba Wistara di Tahun 2023.

Kegiatan yang diawali dengan sidak ke berbagai OPD, Pasar, Fasilitas Umum tersebut diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesadaran terkait kebersihan dan kesehatan.

“Jika ruang kerja, kantornya sudah bersih dan sehat, dimulai dari hak yang kecil, pastinya hal-hal lainnya yang besar akan ikut serta juga,” ungkapnya.

Banyak indikator yang menjadi penilaian sehingga diharapkan seluruh OPD terus berpacu meningkatkan kebersihan dan melengkapi fasilitas untuk bersaing mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan di Tahun 2023. (rsa)

 

Search