Sekolah Sungai mengajak ” kita Jaga Alam..Alam Jaga Kita”

Diskominfo – SampangBadan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sampang menggelar Sosialisasi sekolah sungai dengan tema “ Kita Jaga Alam jaga kita “ di aula Kecamatan Camplong ( Selasa, 16 April 2019. )Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Sampang, Camat Camplong, Kepala Satpol PP dan Ketua Forum Sampang Sehat. Kegiatan tersebut dibuka kepala BPBD Sampang Anang Djoenaedi Santoso, Sos, Msi. Dalam sambutanya Anang menyampaikan acara sosisalisasi ini adalah ketiga kalinya yang merupakan 100 hari kerja Bapak Bupati Sampang Dan wakil Bupati Sampang dan  akan melaksanakan bersih-bersih sungai Dharma Tanjung yang di agendakan hari jumat 26 april 2019 dan sungai Kali Kamoning,Anang juga mengajak para masyarakat sekitar agar bisa ikut aktif membersihkan sampah – sampah yang mencemari seputar sungai.Sosialisasi Sekolah sungai sebagai pemateri adalah Ir H Puji Raharjo, Msi, dari Forum Sampang Sehat, dan dari LPBNU K. Mahrus Sharoni, dalam materinya puji menerangkan keberadaan sungai juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat edukasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Dengan demikian, diharapkan pengelolaan sungai tidak lagi hanya dibebankan pada Pemerintah, namun semua Masyarakat. Sebab, jika dibebankan Pemerintah maka hasilnya seperti yang terjadi saat ini, begitu Pemerintah pergi maka sungai kembali kotor dan penuh sampah lagi.

“Edukasi Sekolah Sungai adalah masalah kultur. Jadi, Sekolah Sungai itu kita tujukan bagaimana merubah budaya agar masyarakat menghargai sungai, menghargai air dan kita hidup karena air,” jelasnya.

Acara tersebut yang di hadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari kalangan elemen Masyarakat, Tokoh Masyarakat, LSM, OPD terkait, BUMD, Dunia Usaha, Pramuka , PMI, Karang Taruna, FOSPETA, Relawan Sungai dan Masyarakat Setempat. Sosialisasi sekolah Sungai yang di gelar di aula Kecamatan Camplong merupakan ke tiga Kalinya yang sebelumnya dilaksanakan di aula Mini Pemkab Sampang dan Aula Kantor BPBD Kabupaten Sampang.(why)