Sekdakab Sampang Buka Rakor Persiapan Assessment SPBE 2023

Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan saat membuka Rakor Persiapan Assessment SPBE 2023.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan membuka Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Assessment Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2023 di Aula Bappelitbangda Sampang, Selasa (27/9/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Sampang Abd. Hannan, Kepala OPD di lingkungan Sampang serta Pemateri dari Institut Teknologi Sepuluh November Dr. Ari Santoso.

Plt. Kadis Kominfo Sampang Amrin Hidayat melaporkan bahwa pada tahun 2021 telah mengikuti evaluasi SPBE yang dilaksanakan oleh Kemenpan RB dengan nilai indeks sebesar 2,98 dengan predikat baik.

Kemudian di tahun 2022 Kabupaten Sampang melakukan penilaian mandiri dan hasil nilai indeks SPBE Kabupaten Sampang sebesar 3,59 dengan prediksi sangat baik.

Dari hasil pelaksanaan evaluasi mandiri SPBE, ada beberapa indikator yang masih memerlukan perbaikan diantaranya domain tata kelola SPBE, domain manajemen SPBE dan domain audit TIK.

“Untuk memenuhi hal tersebut kami butuh dukungan OPD teknis denhan harapan indeks nilai SPBE tahun 2023 meningkat,” harapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan menyampaikan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan atensi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan visi mewujudkan Sumber Daya Manusia berkulitas dan berdaya saing.

“Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan publik dan administrasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Rapat Koordinasi persiapan pelaksanaan evaluasi SPBE Tahun 2023 perlu dilakukan agar nilai indeks SPBE semakin meningkat.

“Bicara SPBE bukan hanya tugas Diskominfo saja akan tetapi menjadi tugas bersama seluruh OPD untuk mengisi indikator penilaian SPBE,” ujarnya.

Menurutnya, Bapak Bupati sangat care terbukti indeks nilai SPBE dibawah kepemerintahannya meningkat.

“Program UHC menjadi salah satu contoh penerapan SPBE dengan kolaborasi beberapa OPD teknis untuk memberikan pelayanan berbasis elektronik kepada masyarakat yang efisien,” ungkapnya.

Di akhir, Sekdakab Sampang berharap asesement SPBE 2023 diberikan kelancaran dan hasil indeks nilai SPBE bisa meningkat sesuai harapan bersama. (dhe)

 

 

 

 

Search