Sekda Sampang Dorong Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna untuk Pembangunan Masyarakat Desa

Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiawan saat memberikan sambutan.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Workshop Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna di Aula Hotel Camplong, Kamis (8/4/2021).

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Plt. Asisten I Harunur Rasyid, Plt. Kepala DPMD Kabupaten Sampang R. Chalilurrachman, Kepala Desa dan Pendamping Desa.

Dalam laporannya, Plt. Kepala DPMD Kabupaten Sampang R. Chalilurrachman menyampaikan jika pelaksanaan Workshop Pendayagunaan Teknologi Tepat Guna diikuti sebanyak 46 Kepala Desa.

“Kegiatan ini merupakan upaya strategis agar para desa yang memiliki potensi dapat memanfaatkan teknologi yang hasilnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan mengapresiasi penyelenggaran Workshop TTG dengan harapan bisa mendorong kemandirian masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya lokal secara optimal.

Strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat di tengah persaingan global adalah dengan melakukan upaya pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang kehidupan melalui implementasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

Menurutnya, TTG dapat diartikan sebagai teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar dapat menjawab permasalahan dan tidak merusak lingkungan serta dapat menghasilkan nilai tambah dari segi ekonomi maupun lingkungan hidup

“Peranan teknologi tepat guna apabila dimanfaatkan secara optimal akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien,” ungkapnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Wawan itu menjelaskan jika saat ini banyak potensi lokal yang bila dikelola dengan baik akan memberikan manfaat besar dengan implementasi teknologi.

“Saya minta para peserta agar mengikuti workshop dengan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan sarana untuk memperluas pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan karakteristik lokal,” tandasnya. (dhe)