Sekda Dorong Pembangunan Homestay di Sekitar Lokasi Wisata

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan saat membuka acara pelatihan manajemen homestay.

SAMPANG – Sebanyak 40 peserta mengikuti Pelatihan Manajemen Homestay yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang di Hotel Camplong, Selasa (6/10/2020).

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari kedepan dengan menghadirkan beberapa pemateri mengenai kepariwisataan, manajemen homestay dan lainnya. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan.

Peserta pelatihan manajemen homestay di Camplong.

Adapun peserta yang dilibatkan merupakan para pengelola wisata, kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pendamping wisata di Kabupaten Sampang.

Plt. Kepala Disporabudpar Imam Sanusi menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut untuk menyiapkan Sampang sebagai tujuan wisata.

Hal itu seiring dengan pertumbuhan ekonomi sehingga perlu adanya Sumber Daya Manusia yang berkompeten untuk mengelola homestay di sekitar lokasi wisata.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang H. Yuliadi Setiawan mengapresiasi inisiatif Disporabudpar yang telah mengupayakan terselenggaranya kegiatan tersebut.

Hal ini merupakan keseriusan Pemerintah Kabupaten Sampang dalam memfasilitasi peningkatan sarana dan prasarana di sektor pariwisata.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor yang digenjot oleh Bapak Bupati agar menjadi sektor unggulan yang dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat Sampang,” ucapnya.

Saat ini keberadaan homestay atau pondok wisata di Sampang belum dimaksimalkan sehingga pihaknya menargetkan minimal tahun depan sudah terealisasi paling tidak di Lon Malang Sokobanah.

“Kita targetkan Lon Malang nanti memiliki Homestay karena dari sisi manajemen mereka mumpuni, kalau menunggu berdirinya hotel sangat lama kajiannya sehingga kita dorong itu,” tambahnya.

Wawan juga berharap wisata lainnya nanti akan juga memiliki Homestay karena keberadaannya tentu menjadi fasilitas penting penunjang untuk kemajuan kawasan wisata.

“Saya berharap makin banyak bermunculan homestay di daerah sekitar sehingga daya tarik wisata kabupaten Sampang semakin berkembang dan akan makin maju sehingga pengunjung bisa senang,” tutupnya. (dhe)