Respon Laporan Masyarakat, Wabup Sidak RS dr. Mohammad Zyn

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat ketika inspeksi medadak ke RS. dr. Mohammad Zyn.

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat melakukan inspeksi mendadak menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dengan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn, Jum’at (15/05/2020).

Saat melakukan sidak, Wabup Sampang menemukan pasien yang mengaku tak terlayani dengan baik karena terbengkalai selama beberapa jam lamanya.

“Pasien atas nama Edi sempat periksa di RS Nindhita kemudian dirujuk oleh mereka ke Pamekasan tapi ditolak karena diberi keterangan PDP akhirnya paginya masuk ke RS Sampang,” ungkapnya.

Karena tidak terlayani dengan cepat akhirnya keluarga pasien melapor dan terdengar oleh orang nomor dua di Kabupaten Sampang itu yang kemudian direspon dengan melakukan inspeksi ke Rumah Sakit dr. Mohammad Zyn.

Pihaknya dalam kasus tersebut ada dua catatan yang perlu untuk dievaluasi, pertama perihal oknum dokter yang tidak merujuk pasien kepada Rumah Sakit Sampang menandakan tak percaya pada Rumah Sakit Daerah tempat dia bekerja.

Kemudian yang kedua pelayanan lamban yang dilakukan Rumah Sakit dr. Mohammad Zyn karena membiarkan pasien selama beberapa jam dengan tindakan medis yang hanya dilakukan di awal saja.

“Pemerintah Daerah berusaha hadir untuk masyarakat, hal ini harus diiringi juga dengan kinerja dari para unsur dibawahnya termasuk Rumah Sakit dan para dokternya, jangan sampai ada pasien yang merasa ditelantarkan atau tidak terlayani dengan baik,” tegasnya.

Karena kejadian itu, pihaknya akan mengevaluasi terkait keberadaan oknum dokter yang perlu diberikan pembinaan lebih lanjut serta proses pelayanan di RS. dr. Mohammad Zyn yang harus lebih ditingkatkan.

Sementara itu, Direktur RS dr. Mohammad Zyn Titin Hamidah ketika dikonfirmasi menyampaikan jika alat medis disana telah lengkap sehingga apa yang disampaikan oleh dr. Aini kepada keluarga pasien ketika merujuk ke Pamekasan itu terbantahkan.

“Alat medis disini lengkap yaa, untuk Dokter pun kami rasa juga cukup, apa yang menjadi temuan Bapak Wabup akan kita evaluasi kedepan,” pungkasnya singkat. (dhe)