Resmikan Pemancangan Pertama JLS, Aba Idi Harapkan Manfaatnya Segera Dirasakan Oleh Masyarakat

Pemasangan pancang pertama JLS.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat bersama Forkopimda Kabupaten Sampang meresmikan Pemancangan Pertama Jalan dan Jembatan Lingkar Selatan di Kabupaten Sampang Senin (14/02/2022).

Turut hadir Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sampang, jajaran kepala OPD, Direktur PT Asri Karya Lestari dan PT Dua Putri Kedaton selaku pelaksana serta para Kiai/Ulama dan Tokoh Masyarakat di Titik Akhir Jalan Lingkar Selatan, Jalan Raya Pliyang Pangongseyan,

Kepala Dinas PUPR R. P. Muhammad Zis dalam laporannya menyampaikan pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) di Kabupaten Sampang akan dibangun sepanjang 6,4 km.

“Jalan lingkar selatan ini dibangun dengan anggaran sebersar 199,75 M dengan panjang ruas 6,4 km yang bertitik awal di Jalan Makboel kemudian titik akhir Jalan Pangongsean Kecamatan torjun, ” ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa pembangunan JLS akan dirampungkan kurang lebih dalam jangka waktu satu tahun melalui sejumlah tahapan proyek yang telah direncanakan.

“Pengerjaan JLS dilakukan selama 371 hari, kontrak dimulai sejak 16 Desember 2021 dan akan berakhir pada 21 Desember 2022,” tambah Zis.

Pihaknya menutup laporannya dengan menyampaikan sejauh mana progres pembangunan JLS pada minggu ini.

“Progres pembangunan JLS perminggu ini mencapai 5,64% dimana telah dilakukan land clearing dan pekerjaan bangunan bawah jembatan serta pengerasan jalan telah dilakukan pembersihan lokasi dan timbunan dengan urugan pilihan,” ucapnya.

Disisi lain, Bupati Sampang Aba Idi mengungkapkan rencana pembangunan JLS ini telah ada sejak lama, namun realisasinya baru dapat dilakukan pada tahun ini.

“Direncanakan sejak 2007 tapi tidak ada pergerakan, baru tahun 2020 kami mencari jalan agar bisa JLS bisa direalisasikan, pembebasan lahannya pun sudah kami rampungkan di tahun 2020 sampai akhirnya kita mulai pembangunannya tahun ini,” tandasnya.

Aba Idi juga mengatakan bahwa pembangunan JLS ini salah satu proyek penting untuk dibangun di Kabupaten Sampang untuk mengurangi beban jalan yang masuk ke jantung kota.

“Pengembangan kota sangat dibutuhkan, karenanya JLS ini kita selesaikan bersama agar kendaraan besar yang melewati Kabupaten Sampang nantinya bisa lewat jalan ini sehingga mengurangi beban jalan perkotaan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Aba Idi juga mengungkapkan harapannya terkait dampak realisasi pembangunan JLS di Kabupaten Sampang agar dapat dirasakan oleh masyarakatnya.

“Ini adalah koneksi dari 2 jalan Kecamatan torjun dan sampang , mudah-mudahan apa yang kita rencanakan ini bisa segera bermanfaat untuk masyarakat sampang dan madura pada umumnya,” tutupnya. (rsa/dhe)