Ratusan Mantan Pengikut Aliran Syiah di Jemundo Mendapat Bimbingan Keagamaan

Sejumlah Tokoh Agama memberikan bimbingan keagamaan di Rusunawa Jemundo.

SIDOARJO – Ratusan mantan pengikut aliran Syiah yang telah dibaiat ke Aswaja mendapatkan pembinaan keagamaan dari sejumlah ulama di Rusunawa Jemundo Sidoarjo, Minggu, (28/02/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Pengurus PWNU Jawa Timur, Rois Syuriah PCNU Sampang KH Syafiudin Abdul Wahid, Ketua PCNU Sampang KH. Itqon Busyiri dan sejumlah Tokoh Agama beserta Kiai dari Sampang.

Ketua PCNU Sampang KH Itqon Busiri menyampaikan bahwa pihaknya ingin menjalin kebersamaan dalam ukhuwah islamiyah bersama dengan sekitar 347 warga pengungsi di Jemundo.

Dalam kegiatan silaturrahmi ini, para ulama juga ingin memastikan hak-hak dasar pengungsi terpenuhi sebagai warga negara.

“Kami ingin memastikan selama 8 tahun ini, apakah sudah mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara, seperti pekerjaan dan pendidikan dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, bimbingan keagamaan tersebut merupakan tindak lanjut kepada ratusan korban konflik yang sosial yang telah dibaiat ke aliran Aswaja.

Sementara itu, selaku pimpinan Tajul Muluk mengakui sebagai seorang manusia yang tak luput dari kesalahan ingin memperbaiki segala perbuatannya yang pernah dilakukan dan akan tunduk kepada ketetapan Allah SWT.

Pihaknya berharap dapat memperbaiki hubungan yang terjalin dengan pihak-pihak lain dan berjanji akan Istiqomah dengan aliran Ahlusunnah Waljama’ah. (rsa/jek)