Puncak Hari Koperasi ke 73, Bupati Sampang : Jadilah Koperasi Tangguh

    Bupati Sampang H. Slamet Junaidi ketika menyampaikan sambutan.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Diskumnaker Sampang menggelar Hari Koperasi Ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke 5 di Aula PKPRI Trunojoyo, Jalan Rajawali, Kabupaten Sampang, Senin (13/07/2020).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Kapolres Sampang AKBP Didit BWS, S.I.K, Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Kajari Sampang Maskur, S.H., M.H, Ketua DPRD Sampang Fadol.

Tak hanya itu, para pengurus dan pelaku Koperasi turut diundang untuk bersama-sama memperingati Hari Koperasi ke 73 yang mengambil tema “Mewujudkan ekonomi rakyat yang berdaulat bersama anggota sehat dan koperasi yang kuat, siap menyambut new Normal dengan penuh semangat dan optimis”.

Pemotongan tumpeng bersama Hari Koperasi ke 73 di Kabupaten Sampang.

Kepala Diskumnasker Sampang H. Suhartini Kaptiati menyampaikan bahwa saat ini masih ada stigma negatif tentang kekoperasian padahal keberadaannya mampu menyejahterakan anggotanya.

Di masa Pandemi Covid-19 ini, pihaknya mengajak untuk bersama sama dengan pelaku usaha mikro yang banyak mengalami kerugian juga bangkit.

“Peringatan yang ke 73 tahun harus mampu menjadi momen kebangkitan Koperasi sebagai penopang perekonomian Nasional,” ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilakukan Diskumnasker Kabupaten Sampang dalam rangka menyambut Hari Koperasi ke 73 diantaranya beberapa bakti sosial pemberian sembako, donor darah dan santunan anak yatim.

Kemudian puncaknya dilakukan Khotmil Qur’an dan Tasyakuran yang juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada beberapa Koperasi Terbaik di bidangnya.

“Pemberian penghargaan agar memacu koperasi lainnya lebih aktif dan berinovasi kedepan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga dengan kegiatan yang digelar untuk memperingati Hari Koperasi ke 73 tersebut.

Pihaknya juga memberikan semangat kepada pelaku koperasi yang ada di Sampang agar tidak terpuruk dan bangkit di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

“Jangan jadikan alasan Covid-19 untuk menyerah dan cengeng, buktikan kalau Koperasi di Sampang petarung dan tangguh, harus jalan dan tidak boleh mati,” pesannya saat menyampaikan sambutan.

H. Idi juga berpesan kepada masyarakat Sampang untuk berperilaku produktif bukan konsumtif sehingga roda perekonomian akan terus berputar maju.

“Melalui Koperasi kita sejahterakan anggotanya, untuk masyarakat Sampang juga kita imbau untuk produktif, pelaku usaha muda dan UMKM harus menggeliat,” tutupnya. (dhe)