Puncak Hari Kesehatan Nasional ke 57, Wabup Sampang Apresiasi Berbagai Inovasi Dinkes & KB

Wabup Sampang saat mencoba inivasi Anti Lemot milik Puskesmas Kamoning.
(Foto :, Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57, di GOR Indoor, Kamis (25/11/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Sampang, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Sampang, Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn dan Ketapang, Direktur Poltera, Ketua AKD Sampang dan Kepala Puskesmas serta para Tenaga Kesehatan.

Kegiatan tersebut sebagai Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57 yang merupakan rangkaian terakhir dalam peringatan HKN.

Kepala Dinas Kesehatan & KB dr. Abdullah Najich ketika sambutan menyampaikan bahwa pada Peringatan HKN ke 57 menggelar beberapa rangkaian kegiatan mulai dari lomba-lomba serta award bagi tenaga kesehatan.

Momen HKN tersebut diharapkan dapat memupuk tali silaturahmi antar tenaga kesehatan bagaimana gotong royong mewujud visi Sampang Hebat Bermartabat.

“Kami melakukan launching berbagai inovasi untuk selalu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, termasuk ambulans boat untuk masyarakat Pulau Mandangin,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat pada kesempatan tersebut mengucapkan Selamat Hari Kesehatan yang ke 57 kepada segenap insan kesehatan yang berada di Kota Bahari.

Pihaknya berharap momentum tersebut menjadi spirit dan motivasi untuk terus mengupayakan terwujudnya Sampang yang sehat.

Haji Ab juga mengingatkan bahwa pembangunan kesehatan adalah amanat konstitusi yang harus terus diperjuangkan, oleh karenanya tenaga kesehatan diharapkan untuk memberikan pelayanan prima di bidang kesehatan bagi masyarakat.

Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat Kabupaten Sampang juga ditekankan agar meningkat dari tahun ke tahun.

“Peringatan HKN ke 57 hendaknya menjadu momentum Apresiasi kepada Tenaga Kesehatan yang telah menanggulangi Pandemi Covid-19 dan Pelaksanaan Vaksinasi,” ujarnya

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir terlebih pencapaian vaksinasi masih dibawah target yaitu sebesar 36 persen sehingga menjadi tantangan bersama untuk mencapai target tersebut.

Di samping itu, masih banyak tugas lain yang perlu dimaksimalkan diantaranya pelayanan prima di Puskesmas, Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan lainnya agar bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Sampang.

Wabup Sampang juga mengapresiasi Momen HKN yang kali ini diisi dengan peluncuran sejumlah inovasi di bidang kesehatan yaitu launching ambulans laut, program pelayanan “Klik Sahabat dan “Anti Lemot” Puskesmas Kamoning. (dhe)