Pertama Kali di Madura, Sampang Sukses Gelar Festival Daol Combodug Secara Virtual

Salah satu peserta unjuk kebolehan di lokasi masing-masing.

SAMPANG – Walaupun kondisi di tengah Pandemi Covid-19, Komunitas Pemerhati Musik Tradisional (KPMT) Kabupaten Sampang menginisiasi pagelaran Festival Daol Combodug sebagai upaya melestarikan kebudayaan leluhur.

Lomba yang digelar secara virtual tersebut digelar di lokasi masing-masing peserta dengan sistem penyetoran video yang berlangsung 18-21 Mei 2021.

Ketua Panitia Heryanto, SE menyampaikan bahwa ada sebanyak 17 peserta yang mendaftarkan dari 4 Kabupaten se Madura dengan rincian 9 peserta Daol Combo dan 8 peserta Daol Dug Dug.

“Alhamdulillah setelah melalui berbagai proses sudah sampai pada tahap pengumuman juara yang juga dilakukan virtual oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat,” ungkapnya.

Pihaknya mengambil 5 peserta terbaik dari masing-masing Kategori Daol Combo dan Dug Dug yang diberikan penghargaan namun untuk 3 terbaik akan diberikan slot tampil yang akan disiarkan secara live streaming pada jadwal yang akan ditentukan oleh panitia.

“Kami selaku pecinta musik tradisional Daol Combo dan Dug Dug tidak ingin tradisi ini semakin punah seiring berkembangnya zaman, ditambah lagi kondisi Pandemi Covid-19 sehingga terpaksa lomba dilakukan secara virtual,” ucapnya.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengapresiasi langkah panitia yang menginisiasi digelarnya lomba Daol Combo dan Dug Dug secara virtual pasalnya sudah dua tahun tradisi tersebut tidak digelar di Kota Bahari.

“Semoga lomba yang digelar secara virtual mampu mengobati rasa rindu masyarakat walaupun tidak dilakukan parade seperti tahun sebelumnya karena kondisi masih Pandemi Covid-19,” ucapnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih pula kepada seluruh peserta yang tak menyurutkan semangatnya walaupun lomba digelar secara virtual namun terbukti antuasiasme sangat tinggi bahkan peserta tak tanggung-tanggung ada perwakilan dari 4 Kabupaten.

“Suatu kebanggaan Kabupaten Sampang bisa menginisiasi Lomba Daol Combo dan Dug Dug secara virtual melalui KPMT ini, semoga tradisi ini terus dilestarikan, sebagai Pemerintah Daerah kami tetap akan terus mensupport,” pungkasnya.

Sekedar diketahui adapun peserta terbaik yang diumumkan oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat diantaranya untuk Kategori Daul Dug-Dug Terbaik 1 Grup Terak Bhulen, Terbaik 2 Grup Ikamaru, Terbaik 3 Grup Dharma langit, Terbaik 4 Grup Putra Branjangan dan Terbaik 5 Grup Luchita Perkusi.

Kemudian untuk Kategori Daul Combo Terbaik 1 Grup Adela, Terbaik 2 Grup Kor Bhukor, Terbaik 3 Grup Plakaran Jaya, Terbaik 4 Grup Putra Kamboja dan Terbaik 5 Grup New Garuda. (dhe)