Persiapkan Generasi Cerdas, Hj. Mimin Dorong Masyarakat Desa Sejati Gemar Makan Ikan

Ketua Forikan Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi saat dialog dengan salah satu warga.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Ketua Forikan Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi mendorong masyarakat Desa Sejati, Camplong untuk gemar memakan ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Sampang pada Rabu (23/11/2022).

Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas. Selain diajak untuk peduli akan kebutuhan gizi anaknya melalui Gemarikan, tujuannya agar dapat mencegah stunting. Melalui kegiatan ini para ibu diajak untuk dapat mengolah makanan berbahan dasar ikan menjadi berbagai macam inovasi menu.

Camat Camplong, Kiyatno menyambut kehadiran Ketua Forikan Kabupaten Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi dalam acara Sosialisasi Gemarikan dan Pembagian Produksi Olahan Ikan Kepada Ibu Hamil dan Balita bersama Kepala Dinas Perikanan, Camat Camplong, promkes Dinas Kesehatan dan KB, Ketua TP PKK dan anggota PKK Kecamatan Camplong.

Hj. Mimin Slamet Junaidi, Ketua Forikan Sampang mengemukakan data Kemenkes yang seringkali menemukan kasus kekurangan gizi makro dan mikro atau sering disebut sebagai kelaparan tersembunyi seingga menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit seperti anemia, gondok dan sebagainya, hal ini akan berdampak terhadap terhadap munculnya kasus stunting.

“3 dari 10 remaja kita mengalami anemia, ini akan berpengaruh pada masalah kesehatan yang selanjutnya, anemia merupakan awal dari stunting, remaja putri yang menderita anemia selanjutnya akan menjadi ibu hamil anemia bahkan mengalami kurang protein sehingga melahirkan bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting, serta beberapa risiko kehamilan lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan hal tersebut, Ia mengajak masyarakat untuk memberikan gizi yang baik dan seimbang untuk keluarga dengan mengkombinasikan makanan yang beragam.

“Disini ikan segar segar dan murah, manfaatkan sumber daya alam. Kita persiapkan anak kita agar jadi generasi yang cerdas, ” tutupnya. (rsa)

Search