Peringati Hari Pramuka ke-60, Kwarcab Sampang Ikuti Upacara Secara Virtual dan Santuni Anak Yatim

Foto : Prokopim Pemkab

SAMPANG – Pada perayaan Hari Pramuka ke-60 tahun, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sampang mengikuti prosesi upacara virtual yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, Minggu, (15/8/2021).

Turut hadir mengikuti upacara secara virtual diantaranya Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Sampang, Perwakilan Forkopimda, Polres Sampang, Kodim 0828/Sampang dan Pengurus Kwarcab Pramuka Sampang.

Dengan mengusung tema Berbakti Tanpa Henti, upacara tersebut juga dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beserta Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur Arum Sabil yang menyampaikan pesan agar anggota Pramuka menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Jatim meminta para anggota saka menjaga komitmen Pramuka Jatim Produktif.

“Saya ingin komitmen Pramuka Jatim Produktif bisa kita jaga, kita bangun, kita kuatkan bersama,” kata Khofifah dalam sambutannya di peringatan Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun di Gedung Negara Grahadi,

Ia memaparkan, giat upacara memang mundur selang sehari. Karena 14 Agustus 2021 acara fokus secara nasional sekaligus bertepatan pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian oleh Presiden RI Jokowi.

Khofifah memaparkan, saat ini Provinsi Jatim menjadi penyumbang Merdeka Ekspor Pertanian terbesar dengan nilai mencapai Rp 1,3 triliun. Capaian ini selaras dengan cita-cita Pramuka Jatim mengembangkan ragam produk pertanian guna menjaga ketahanan pangan.

Foto : Prokopim Pemkab

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 60.

Diantaranya ziarah kubur ke makam pahlawan, bakti sosial donor darah, pelaksanaan vaksinasi massal serta santunan kepada anak yatim.

Peringatan Hari Pramuka di tengah Pandemi menurutnya tidak menyurutkan semangat Kwarcab Sampang untuk menggelar kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Puncaknya hari ini kami ikuti upacara virtual dengan Kwarda Jawa Timur, semoga para anggota Pramuka di Sampang terus berkobar semangatnya serta terus berperan aktif dalam membantu Pemerintah dalam menangani Pandemi Covid-19,” tandasnya.

Rangkaian upacara virtual menerapkan prokes ketat dan diakhiri dengan pemberian santunan kepada 10 orang anak yatim oleh Kwarcab Pramuka Cabang Sampang. (dhe)