Penyegaran Birokasi, Bupati Sampang Mutasi dan Promosi 302 Pejabat

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang di Pendopo Trunojoyo, Jum’at (8/1/2021).

Pelantikan sejumlah pejabat tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiawan, Staf Ahli, Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Sampang.

Plt. BKPSDM Sampang Arif Lukman Hakim menyampaikan jika pengambilan sumpah jabatan dikarenakan ada mutasi dan diberlakukannya Struktur Organisasi (SO) baru pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Sampang.

“Dasarnya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sampang Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sampang sehingga ada perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Yoyok tersebut mengungkapkan jika ada sebanyak 302 Pejabat Eselon II, III dan IV yang diambil sumpah jabatannya pada kesempatan tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bahwa dalam momen tersebut dilakukan pelantikan termasuk mutasi dan promosi terhadap para pejabat di lingkungan Pemkab Sampang.

“Implementasi dari perampingan itu akan berdampak terhadap sejumlah pejabat eselon II, III dan IV untuk penataan Perangkat Daerah yang rasional, proporsional, efektif, dan efisien,” ucapnya.

Pihaknya menegaskan kepada para pejabat yang dilantik agar bisa mengedepankan tanggung jawab atas amanah baru sebagai abdi negara di ruang lingkup pemerintahan.

“Dalam pengambilan sumpah, seluruh pejabat diharapkan akan mengedepankan tanggung jawab dan amanah baru,” tuturnya.

Selain itu, Bupati Sampang juga melakukan pemutasian agar semua pejabat melakukan penyegaran dan perbaikan kinerja.

“Penyegaran itu supaya semua pejabat melakukan evaluasi kinerja dari beberapa OPD, jika sampai kurang maksimal kinerjanya kami akan segera singkirkan, sebaliknya jika berprestasi akan diberi reward promosi” imbuhnya.

Bupati Haji Idi juga berharap kepada pejabat yang dilakukan rotasi dan promosi agar mempunyai inovasi program untuk membangun Sampang kedepannya. (dhe)