Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Kualitas SDM Menjadi Rancangan Prioritas Pembangunan Tahun 2023

Foto : Prokopim Pemkab

SAMPANG – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 di Aula Bappelitbangda, Selasa (19/1/2021).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Wakil Ketua DPRD Sampang Amin Arif Tirtana, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, Asisten, Kepala OPD, dan Camat.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa RKPD Tahun 2023 merupakan tahun ke 4 pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sampang Tahun 2019-2024.

Digelarnya Forum Konsultasi Publik (FKP) ditujukan untuk menghimpun masukan atau harapan para pemangku kepentingan terhadap rumusan prioritas dan arah kebijakan Program Pembangunan Daerah dan Tema Pembangunan pada tahun rencana.

“Rancangan prioritas pembangunan Tahun 2023 kita masih pada pemilihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia,” ungkapnya.

Menurutnya, prioritas pemulihan ekonomi dapat dicapai dengan meningkatkan serta menggali potensi unggulan untuk memberikan nilai tambah pada produk pertanian maupun perikanan.

Selain itu juga infrastruktur pendukung baik fisik maupun digital perlu dilakukan pembenahan agar pemulihan ekonomi dapat tercapai dengan optimal.

Pada prioritas peningkatan kualitas kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia yang menjadi atensi dan perhatian yakni sektor pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan serta perbaikan sarpras pelayanan dasar.

“Kemampuan keuangan daerah di Tahun 2023 sangat terbatas, kita masih tergabung pada dana transfer pusat sedangkan di pusat sendiri masih ada kepentingan untuk penanganan Pandemi maka kita pilih program yang sangat prioritas dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (dhe)