Pemkab Sampang – Universitas Widyagama Malang Perkuat Sinergi di Sektor Pendidikan

Civitas Akademika Universitas Widyagama Malang dan Pemkab Sampang.
(Foto : Prokopim Pemkab Sampang)

SAMPANG – Civitas Akademika Universitas Widyagama Malang menggelar silaturahmi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sampang yang berlangsung di Aula Peringgitan Pendapa Trunojoyo, Jum’at (20/1/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan, Rektor Universitas Widyagama Malang, Dr Agus Tugas Sudjianto, ST., MT, Kacabdin Provinsi Jawa Timur Wilayah Sampang Ali Afandi, Kepapa OPD di lingkungan Pemkab Sampang, Wakil Rektor dan Direktur Program Pasca Sarjana UWM.

Rektor Universitas Widyagama Malang, Dr Agus Tugas Sudjianto, ST., MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangannya untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Sampang.

“Kami melihat banyak perubahan yang progresif dari Kabupaten Sampang baik dari peningkatan SDM, Infrastruktur dan ekonomi, sehingga kita merasa sudah seharusnya menjajaki kerjasama di sektor pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan berharap silaturahmi dan kunjungan kerja dapat saling menguatkan dan berkolaborasi antara kedua belah pihak.

Pihaknya mengapresiasi kunjungan kerja tersebut serta komitmen Universitas Widyagama Malang untuk menjalin kerja sama lebih lanjut dengan Pemerintah Kabupaten Sampang.

“Kunjungan rektor beserta jajaran tentu menjadi motivasi bagi kami untuk semakin bersemangat mewujudkan visi misi pembangunan utamanya dalam meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Sampang yang berdaya saing,” ujarnya.

Jika berbicara tentang pembangunan SDM, menurutnya tak akan terlepas dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sehingga perlu komitmen bersama untuk meningkatkan hal tersebut.

“Walaupun masih tertinggal jauh, namun angka IPM Sampang cenderung meningkat dibandingkan 2016 di angka 59,09 kini di tahun 2022 menjadi 63,39,” ungkapnya.

Merespon isu tersebut, Pemerintah Daerah terus melakukan berbagai terobosan misalnya membentuk Yayasan Beasiswa Sampang Bermartabat yang telah menyasar 96 Mahasiswa Berprestasi, di Jenjang SLTA juga disalurkan Beasiswa CSR Petronas untuk siswa di Pantura.

Pihaknya menyambut baik aneka program kerjasama dari Universitas Widyagama Malang baik beasiswa untuk masyarakat kurang mampu serta program lainnya seperti S2 bagi ASN yang hendak melanjutkan studi.

“Saya juga bangga dengan prestasi Mahasiswa asal Sampang di UWM yang mendapatkan beasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 4 tahun 2022,” ucapnya.

Di akhir, Sekdakab Sampang berharap skema kerjasama antara Pemkab Sampang dengan Universitas Widyagama Malang segera diformulasikan dan menjadi langkah awal yang positif untuk kemajuan Kabupaten Sampang. (dhe)

Search