Pemkab Sampang Perbolehkan Sholat Idul Adha di Lapangan, Dihimbau Menggunakan Masker

Rakor Persiapan Idul Adha 1441 H yang digelar Pemkab Sampang.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang memutuskan untuk membolehkan Sholat Idul Adha 1441 H di Lapangan seperti halnya tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu diputuskan berdasarkan pada Rapat Koordinasi yang digelar Pemkab Sampang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta Dewan Masjjd Indonesia, Senin (20/07/2020).

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengatakan bahwa jika sebelumnya pada momen Idul Fitri 1441 H masih belum ada sholat di Lapangan namun untuk Idul Adha kali ini akan kembali digelar.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena agar semakin banyak lokasi yang akan dijadikan sholat Idul Adha akan semakin mengurangi resiko terjadinya penumpukan jemaah.

Dengan semakin banyak yang menyelenggarakan Salat Id maka protokol kesehatan pada ibadah tersebut dapat terwujud, karena jamaahnya tidak tersentra hanya pada satu tempat ibadah saja melainkan terbagi kepada banyak tempat ibadah.

“Walaupun kita ijinkan di Lapangan Wijaya Kusuma nanti akan digelar Sholat Idul Adha namun pelaksanaannya akan memakai protokol Covid-19 termasuk jarak shaf akan diatur agar mematuhi physical distancing,” ucapnya.

Selain itu, dengan semakin banyak yang menyelenggarakan tentunya masyarakat akan beribadah dilingkungannya masing-masing dan tidak perlu melakukan perjalanan untuk menuju tempat ibadah yang mungkin jauh dari kediamannya.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekdakab) Sampang H. Yuliadi Setiawan bahwa Pemerintah mengijinkan berbagai lapangan di tingkat RT atau Kelurahan dan Kecamatan yang biasanya dijadikan lokasi Sholat Id kembali digelar.

Namun pihaknya menghimbau panitia sholat Id yang akan menggelar di lapangan untuk menggunakan protokol Covid-19 dan menjaga jarak.

“Tidak hanya berlaku di Lapangan Wijaya Kusuma saja, Lapangan lainnya yang biasa dijadikan lokasi Sholat Id diperbolehkan kembali tapi kalau tidak bisa menerapkan protokol kesehatan kita himbau jangan memaksakan karena ini juga untuk meminimalisir Covid-19,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan Sholat Idul Adha untuk tetap menggunakan masker dan akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk lapangan.

Dihimbau juga untuk jamaah untuk membawa alat salat masing-masing dari rumah dan tidak melakukan salaman dan menjaga jarak minimal 1 meter sedangkan orang yang mempunyai riwayat sakit bawaan seyogyanya agar tetap dirumah saja.

Sedangkan untuk hewan kurban diminta untuk dipotong secara higienis dan langsung diberikan kepada penerima. Menyalurkan hewan kurban juga dihimbau wajib menggunakan masker.

Sekedar diketahui rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekda Sampang Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang AKBP Didit BWS, S.I.K, Perwakilan Kodim 0828/Sampang, Ketua Dewan Masjid Indonesia dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah. (dhe)