Pemkab Sampang Launching SIG4TA & Beasiswa Sahabat Sekaligus Penyerahan Anugrah Sabernova Award 2021

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah melaunching Program SIG4TA dan Beasiswa Sahabat sekaligus penyerahan Sabernova Award 2021 di Pendapa Trunojoyo, Jum’at (4/6/2021).

Turut hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, Forkopimda Sampang, Anggota DPRD Sampang Ubaidillah, Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiawan dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah serta Camat se Kabupaten Sampang.

Dalam laporannya, Kepala Bappelitbangda Ir. Hj. Umi Hanik Laila menyampaikan bahwa SIG4TA merupakan inovasi Sistem Integrasi Geospasial untuk Sampang Satu Data.

Hal tersebut didasari karena banyaknya data dan informasi yang tidak up to date dan tidak standard bahkan tidak dibangun dalam satu refrensi sehingga tidak terbangun integrasi.

“Beberapa hal tersebut menjadi latar belakang adanya SIG4TA untuk mengintegrasikan data” ujarnya.

Kemudian launching Beasiswa Sahabat dalam rangka menjamin putra putri Kabupaten Sampang agar bisa melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi.

“Program beasiswa nantinya ada berbagai macam mulai dari Prestasi, Bidik Misi, Tuntas, Champion dan Peduli,” ungkapnya.

Pihaknya juga melakukan penyerahan penganugerahan Sabernova yang merupakan ajang Sampang Berinovasi bagi masyarakat umum dan Organisasi Perangkat Daerah yang telah dilombakan di Tahun 2021.

“Tahun 2022 nanti akan kita canangkan sebagai Tahun Inovasi, termasuk OPD yang tidak Inovatif nantinya akan ada punishment khusus,” ujarnya.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi saat menyerahkan penghargaan Sabernova Award 2021.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam kesempatan tersebut mengapresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Namun pihaknya mengharapkan ada punishment bagi Organisasi Perangkat Daerah yang tidak inovatif agar semakin termotivasi untuk berkreasi untuk memberikan program yang memiliki manfaat dan inovasi.

Kedepan pihaknya juga akan terus melihat langkah konkrit dari seluruh OPD untuk ikut mensukseskan program SIG4TA yang telah dilaunching agar ada integrasi data.

Hal tersebut menurutnya sangat bermanfaat bagi para investor yang akan melihat Sampang secara keseluruhan, sebab selain sisi keamanan, kesiapan Pemerintah Daerah juga menjadi penilaian oleh investor.

“Tentu jika nanti investor berdatangan manfaatnya akan ada perekrutan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Sampang,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Slamet Junaidi menegaskan jika kemajuan Kabupaten Sampang ada pada pundak Kepala Organisasi Perangkat Daerah sebagai ujung tombak pelaksanaan program.

“Kami tegaskan lagi, jangan pernah memposisikan sebagai pejabat tapi sebagai pelayan masyarakat, lakukan inovasi dari tahun ke tahun,” tutupnya. (dhe)