Pemkab Sampang Ingatkan Petronas Untuk Konsisten dan Komitmen Menjaga SDA

Sosialisasi Pengembangan Lapangan Produksi oleh Petronas di Aula Pemkab Sampang.

SAMPANG – Sosialisasi pengembangan lapangan produksi oleh PC Ketapang ILLTD di Wilayah Pantai Utara Kabupaten Sampang digelar di Aula Pemkab Sampang, Senin, (15/2/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekdakab Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, Dandim 0828/Sampang Letkol ARM Mulya Yaser Kalsum, Perwakilan Petronas, Perwakilan SKK Migas, Forkopimcam Banyuates, Sokobanah, dan Ketapang, OPD, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

​Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menjelaskan bagaimana program kegiatan yang akan dilakukan oleh Petronas pada Lapangan Bukit Tua, Ketapang sekaligus meminta izin agar kegiatannya didukung oleh Pemkab Sampang serta seluruh masyarakat.

Senior Manager Corporate Affairs & Administration Petronas Carigali Indonesia Andiono Setiawan menyampaikan bahwa Petronas mengadakan kegiatan di Lapangan Bukit Tua, Ketapang. Ada beberapa fasilitas Migas yang akan dipasang berupa pembangunan instalasi sebuah platform dan pipa sepanjang 3.5 km.

Pihaknya berharap agar kegiatan Petronas aman dan berjalan sesuai dengan target produksi yang telah ditentukan.

“Semoga kegiatan ini aman dan sesuai dengan target yang telah ditentukan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam hal ini diwakili oleh Sekdakab Yuliadi Setiawan menjelaskan bahwa Pemkab sampang menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi eksplorasi Migas di wilayah Pantai Utara.

Pihaknya berharap agar terjalin komunikasi yang baik antara Pemkab Sampang, seluruh stakeholder dengan pihak Petronas. Hal tersebut dilakukan agar kegiatan pengembangan lapangan produksi Petronas dapat berjalan lancar.

“Kami berharap adanya komunikasi yang baik antara Pemkab Sampang, seluruh stakeholder dengan Petronas,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan eksplorasi Migas diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kebutuhan masyarakat, mulai dari sektor industri, lapangan kerja, investasi sektor Migas, serta peningkatan pendapatan masyarakat.

Beliau juga menegaskan kepada Petronas untuk memperhatikan mengenai dampak luas termasuk sektor kelautan dari adanya eksplorasi Migas. Pemkab Sampang juga berharap adanya kejelasan mengenai tanggungjawab dari CSR untuk memberdayakan masyarakat dengan baik.

“Saya mengingatkan bahwa kegiatan eksplorasi Migas mempunyai dampak yang luas termasuk dalam sektor kelautan. Kemudian, perlu adanya kejelasan tanggungjawab CSR agar masyarakat dapat diberdayakan dengan baik,” ungkapnya.

H. Slamet Junaidi menginginkan agar kegiatan eksplorasi tidak hanya menghasilkan profit bagi Petronas, namun dapat menjadi Multiply Effect yang positif bagi masyarakat sekitar .

Pemkab Sampang mempercayai bahwa kegiatan eksplorasi telah melalui peraturan-peraturan, sehingga memahami dengan baik bagaimana dampaknya terhadap lingkungan serta dapat meminimalisir.

Pihaknya juga menyampaikan agar Petronas dapat konsisten dan berkomitmen dalam menjaga SDA (Sumber Daya Alam) di Kabupaten Sampang.

“Petronas harus konsisten dan komitmen menjaga SDA (Sumber Daya Alam) Sampang,” tutupnya. (fza/dhe)