Pemkab Sampang Ikuti Upacara Peringatan Hardiknas 2021 Secara Virtual

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sampang Nor Alam saat mengikuti upacara Hardiknas secara virtual.

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional secara virtual yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristek), Minggu (2/5/2021).

Hadir secara virtual Forkopimda Kabupaten Sampang diwakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sampang Drs. Nor Alam M.Si, Kasatbinmas Polres Sampang AKP Moh. Mohni, S.Pd, Danramil 04/Torjun Lettu Inf M. Sunni, Kabag Prokopim Pemkab Sampang Agus Suryantono, S.Kom, M.Si.

Seluruh peserta yang hadir secara virtual dan langsung terpantau mengenakan baju adat beragam daerah di Nusantara, termasuk jajaran Pemkab Sampang memakai baju adat Madura dengan ciri khas baju pesak dengan dalaman loreng dan celana gombor.

Upacara peringatan Hardiknas 2021 berlangsung mulai pukul 08.00 WIB yang dipimpin langsung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

“Masa pandemi covid-19 bukanlah masa yang mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua dan kita semua yang beraktivitas di tengah wabah ini,” ucap Nadiem Makarim saat memberikan sambutan.

Selama lebih dari setahun, pihaknya memahami kesulitan pelajar yang berjibaku menghadapi berbagai tantangan belajar dari rumah, sekaligus memendam kerinduan bercengkrama dengan teman dan sahabat,” lanjutnya.

Nadiem menekankan, masa-masa pandemi ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, dan orang tua. Termasuk, semua masyarakat yang menjalani aktivitas di tengah wabah yang masih melanda dunia.

“Pada hari Iahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, sekaligus hari penting bagi pendidikan nasional ini, marilah kita kesampingkan sejenak segala kesulitan. Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia,” ungkap Nadiem.

Nadiem mendorong satuan pendidikan terus berinovasi, bereksplorasi dan melakukan transformasi pendidikan di tengah pandemi covid-19, kendati tidaklah mudah.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sampang Drs. Nor Alam M.Si menyampaikan bahwa hari ini adalah momentum yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja perlu diperbaiki. Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang.

Selain itu, pihaknya juga berpesan kepada orang tua agar sabar mendampingi anaknya di rumah sebab di masa Pandemi rumah juga merupakan sekolah bagi para siswa.

“Kami juga terus akan melakukan program yang sifatnya bertujuan untuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia bagaimana mengurangi anak putus sekolah dan meningkatkan kualitas belajar mengajar,” tutupnya. (dhe)