Pemkab Sampang Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 94

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat didapuk sebagai inspektur upacara Hari Sumpah Pemuda.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Pemerintah Kabupaten Sampang menggelar upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Halaman Kantor Bupati, Jumat (28/10/2022).

Upacara bendera tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Sampang AKBP Arman, S.I.K, Dandim 0828/Sampang, Forkopimda Sampang, serta Kepala OPD, Camat.

Hadir sebagai pasukan upacara diantaranya personel TNI, Polri, ASN, BPBD, Dishub, KNPI Sampang, Mahasiswa dan para pelajar di Sampang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat yang didapuk sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” tuturnya.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 menurutnya memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujarnya.

Tema Bersatu Bangun Bangsa menurutnya memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang, Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan kondisi pemuda Indonesia saat ini, terdapat optimisme yang penuh harapan, disamping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level
nasional maupun pada level internasional dan menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia,” tutupnya. (dhe)

Search