Pemerataan Distribusi Air Bersih, Wabup Aba Ab Hadiri Pengeboran Sumber Air TNI AD di Jrengik

Wabup Aba Ab saat menghadiri pengeboran sumber air di Desa Taman Jrengik.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat bersama Sekdakab Sampang H. Yuliadi Setiyawan dan Forkopimda Kabupaten Sampang serta Pangdam V/Brawijaya menghadiri Pengeboran Sumber Air Kodim 0828/Sampang di Desa Taman Kecamatan Jrengik, Sampang pada hari Kamis, (24/3/2022).

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto memaparkan Kegiatan TNI AD Manunggal Air ini upaya pengabdian melalui penyediaan air bersih untuk masyarakat.

“TNI Angkatan Darat melakukan pengabdiannya untuk masyarakat, dalam hal ini mencari bibit-bibit air bersih kemudian kami diskusikan bersama masyarakat setempat, ” ujarnya.

Potensi titik air yang ditemukan serta disepakati di Desa Taman, Jrengik saat ini sedang dilakukan pengeboran untuk mencapai titik air yang telah dilakukan dalam beberapa hari.

“Kami sudah seminggu disini untuk melaksanakan pengeboran titik air, dengan target kedalaman pengeboran mencapai 103 meter dan sampai hari ini mencapai 99 meter kurang lebih 2-3 hari kedepan kita akan mencapai titik air tersebut,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa sumber air bersih tersebut nantinya akan disalurkan ke masyarakat setempat untuk dimanfaatkan.

“Kalau sudah dapat titik airnya kita akan sedot dan ditampung di tandon kemudian kita salurkan ke keluarga-keluarga setempat yang membutuhkan,” tambahnya.

Menurutnya pencapaian di Desa Taman ini merupakan kerjasama dari Pemkab Sampang beserta seluruh stakeholder yang terlibat sehingga pengeboran sumber air bersih berhasil dilakukan.

“Kami bekerja atas bantuan Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda bersama dengan masyarakat, ” jelasnya.

Pemberian bantuan pengeboran sumur di Desa Taman ini dilakukan mengingat kondisi wilayah desa setempat yang seringkali kesulitan air bersih ketika musim kemarau.

“Berdasarkan informasi dari Wakil Bupati Sampang, daerah sini memang daerah tadah hujan, jadi ketika hujan masyarakat menampung air hujan dan ketika kemarau kesulitan air,” tandasnya.

Ia berharap agar pengeboran air bersih tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat membutuhkan di Desa Taman.

“Mudah-mudahan kedepan dapat di bermanfaat bagi masyarakat Desa Taman, utamanya ketika kemarau,” tutupnya. (rsa)