Pelantikan Dan Pengucapan Sumpah/Janji Kepala Desa terpilih Kab. Sampang Masa Jabatan 2020-2026

Sampang – Bertempat di Pendopo Agung Bupati Sampang, sebanyak 38 Kepala Desa terpilih resmi dilantik oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Dalam sambutannya Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan bahwa pelantikan tersebut merupakan awal permulaan program pemerintahan yang dimulai dari tingkat desa, amanah yang diberikan oleh masyarakat sekitar harus berjalan lurus dengan program pembangunan yang sudah direncanakan oleh pemerintah setempat, terlebih saat ini pemerintah telah menyediakan program pembangunan melalui Dana Desa yang diharapkan mampu menjadi penopang utama berjalannya birokrasi dan pembangunan di tingkat desa,

“Tentunya saat ini sudah ada program pembangunan desa melalui Dana Desa, kami meminta agar kepala desa menciptakan program yang baik, terutama program yang bermanfaat kepada masyarakat. Karena anggaran DD sudah mencapai milliaran perdes,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa ke depan kepala desa diharapkan mampu menjadi motor penggerak inovasi desa untuk pemerataan pembangunan di tingkat desa, bahkan kepala desa yang sudah dilantik diharapkan mampu menjadi pengayom sehingga menciptakan situasi yang kondusif dan suri tauladan bagi pemerintahan desa.

“Sengaja prosesi dilakukan dengan hikmat agar kepala desa yang telah dilantik memilih rasa memiliki dan bangga atas keterwakilan suara yang diberikan oleh masyarakatnya sehingga menjadi penggerak kemajuan dan kemakmuran masyarakatnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, dalam mewujudkan tata kelola desa yang baik, maka dibutuhkan gotong royong sebagai dasar utama menjalin kebersamaan dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Gotong royong dalam menerapkan visi misi harus dilaksanakan, dan jangan sekali-kali membuat program yang tidak bermanfaat, utamakan rasa memiliki terhadap Desa, sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Kepala Desa harus mempunyai pemikiran cemerlang, sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada di masing-masing Desa. Setiap desa yang mempunyai potensi lokal diharapkan mampu dikembangkan dengan sentuhan program pemerintah setempat salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bersumber dari dana desa dan alokasi dana desa.

“Kepala Desa sekarang harus punya inovasi, supaya Desa yang ada di Kabupaten Sampang maju dan berkembang, tidak terpuruk. Dengan demikian akan menjadi Kabupaten yang hebat dan bermartabat,” harapnya.