Patung Kerapan Sapi di Alun-Alun Trunojoyo Sampang Ditargetkan Terpasang November 2022

Progres pembangunan Alun Alun Trunojoyo.

SAMPANG – Pemasangan tiga patung kerapan sapi di Alun-Alun Trunojoyo Sampang ditargetkan pada November 2022 mendatang, Rabu (28/9/2022).

Saat ini penggarapan patung kerapan sapi tersebut terus dikerjakan oleh salah satu pengrajin ternama di Bali dengan harga masing-masing patung senilai Rp. 1,1 miliar sehingga totalnya Rp. 3,3 miliar.

Kabid Konservasi dan Rehabilitasi Lingkungan DLH Sampang Imam Irawan mengatakan bahwa, pembuatannya dilakukan dua pekan setelah kontrak kerja awal pengerjaan proyek Alun-alun Trunojoyo, tepatnya 6 April 2022.

Menurutnya, memang pengerjaan selama ini tergolong lama, mengingat terdapat sebuah kendala yakni terdapat ketidak cocokan beberapa bagian patung yang harus diubah oleh pembuatnya.

“Insyallah patung akan dibawa ke Sampang pada November 2022,” katanya.

Adapun, model sapi yang digunakan untuk salah satu patung merupakan milik warga Kabupaten Sampang sendiri yakni pasangan sapi yang diberi nama Jet Matic, terkenal dengan prestasinya.

Sedangkan, model pada dua patung kerapan sapi lainnya diimprovisasi namun juga mengambil contoh gambar sapi milik warga kota bahari.

“Sapi yang kita gunakan sebagai contoh tentu yang ukuran besar, seperti sapi punyaknya pak Wabub,” terangnya.

Di sisi lain, Imam Irawan optimis dalam pengerjaan proyek yang berlokasi di depan Pendopo Trunojoyo Sampang ini rampung sebelum batas kontrak berakhir, tepatnya pada Desember mendatang (2022).

Terlebih, dalam pengerjaannya telah menjadi atensi Bupati Sampang H Slamet Junaidi, mengingat pria nomor satu di Sampang itu menginginkan Alun-Alun Trunojoyo dijadikan tempat malam tahun baru.

“Bapak bupati menginginkan warga Kabupaten Sampang tidak keluar kota hanya demi perayaan malam tahun baru,” tuturnya.

“Jadi beliau akan mengadakan kegiatan di alun-alun seperti pesta kembang api dan sebagainya,” imbuhnya. (red)

Search