Pantau Kepulangan Perantau, Bupati dan Wabup Bertahan Hingga Dini Hari

 

Perantau ketika tiba di Posko Covid-19 Sampang.

SAMPANG – Guna memastikan kesehatan para perantau yang baru datang dari luar daerah, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat kembali melakukan pemantauan di Posko Covid-19 yang berada di Gedung Kesenian Sampang, Rabu malam (01/03/2020).

Orang nomor satu dan dua di Sampang itu ditemani juga oleh Sekretaris Daerah Yulia di Setiawan beserta para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bertahan hingga menjelang dinihari.

Pantauan di lapangan, satu persatu kendaraan penumpang seperti bus dan elf yang memuat warga Sampang dilakukan pemeriksaan screening awal oleh tenaga medis yang berada di Posko Covid-19.

Bupati H. Slamet Junaidi dan Wabup H. Abdullah Hidayat ketika berdialog dengan salah satu perantau.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan jika kehadirannya yang rutin mengecek keadaan posko untuk memastikan seluruh personel siap memberikan pelayanan prima terhadap para perantau yang pulang kampung.

“Kita ingin memastikan jumlah pemudik yang dari luar daerah ini ter-screening dengan baik karena setelah pulang ke rumah akan dilakukan monitoring oleh Puskesmas setempat,” ucapnya.

Monitoring yang dimaksud merupakan suatu langkah untuk memastikan para pemudik selama 14 hari kedepan bagaimana perkembangan kesehatannya, jika menunjukkan gejala yang tidak normal akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bahkan pihak Pemerintah Kabupaten Sampang pun telah menyiapkan ruang isolasi yang akan digunakan untuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang datang di lima tempat.

Pria yang akrab disapa H. Idi itu menegaskan jika hal serupa juga turut dilakukan di tingkat Kecamatan maupun Desa agar tidak kecolongan.

“Kita juga telah menginstruksikan sampai ke tingkat desa jika ada perantau yang luput dari pemeriksaan di Posko untuk dibawa ke Puskesmas terdekat, hal itu supaya mendapatkan perhatian khusus dan ter monitoring segala halnya,” ucap Bupati Sampang.

Dirinya berharap warga Sampang ikut serta mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 dengan menghindari kerumunan massa, memakai masker serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Kita berharap warga Sampang tidak ada yang terkena virus ini, semoga tetap berada di Zona Hijau,” pungkasnya. (dhe)