Panen Raya Melon di Bira Timur Menuju Pasar Ekspor

 

Ketua TP PKK Sampang Hj Mimin Slamet Junaidi bersama Wakil Ketua TP PKK Hj Vanny Abdullah Hidayat saat panen raya melon.

SAMPANG – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sampang, Hj Mimin Slamet Junaidi bersama Wakil Ketua TP PKK Hj. Vanny Abdullah Hidayat melakukan panen raya petik melon bersama Kelompok Tani Gemah Ripah Ar Rahman di Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah Daya Kecamatan Sokobanah, Kamis (24/9/2020).

Turut serta melakukan panen raya melon diantaranya Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Enny Yuliadi Setiawan, Camat Sokobanah, Kepala Desa Bira Timur beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kelompok Tani Gemah Ripah Ar Rahman dibawah komando pemuda yang bernama Mahfud memiliki lahan seluas dua hektare dengan omset ratusan juta setiap panen.

“Alhamdulillah berkat bimbingan Pemerintah Daerah dan beberapa pihak bisa seperti sekarang dengan menanam beberapa varietas melon,” ujar Mahfud Ketua Poktan Gemah Ripah.

Ada beberapa varietas yang ditanam oleh Mahfud diantaranya melon golden, Luna, king show dan banyak lainnya bahkan ada melon berbentuk love.

Tak hanya itu, Mahfud sukses mengembangkan olahan melon seperti halnya sirup, dodol dan minuman yang menurutnya akan terus dikembangkan agar semakin banyak olahan lainnya.

“Saat ini pasar kita sudah ke luar kota seperti Jakarta, Malang dan sekitarnya, kedepan kita menargetkan bisa melakukan ekspor,” harapnya.

Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam suksesnya panen raya melon dan pasar tani.

Di tengah situasi Pandemi Covid-19 saat ini menimbulkan banyak ketidakpastian dari segala sektor termasuk ketahanan pangan.

Namun di tengah kondisi itu, petani Milenial di Sampang mampu berinovasi bahkan melakukan panen raya melon.

“Saya salut kepada Poktan Gemah Ripah Ar Rohmah yang tetap berupaya untuk produktif di masa pandeki ini dengan menghasilkan produk pangan lokal yang berkualitas,” ucapnya.

Capaian yang dilakukan oleh Poktan dibawah komando Mahfud merupakan capaian yang selaras dengan visi misi Sampang Hebat Bermartabat dalam mewujudkan SDM berkualitas berdaya saing serta kemandirian ekonomi daerah melalui pengembangan agribisnis.

Bertepatan dengan peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2020 pihaknya memberikan apresiasi kepada Poktan Gemah Ripah yang telah menginisiasi munculnya produk lokal Sampang dengan ciri dan keunggulan tersendiri dengan melibatkan tenaga Milenial.

“Saya anjurkan agar senantiasa meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan para penyuluh serta senantiasa mengikuti perkembangan teknologi informasi,” tutupnya. (dhe)