Musrenbangcam RKPD 2023 Sokobanah, Aba Ab Tekankan Pj Kades Optimal Mengembangkan Potensi Desa

Pembukaan Musrenbangcam RKPD 2023 Sokobanah.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 di Kecamatan Sokobanah, Rabu (9/2/2022).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang tersebut yakni “Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemantapan pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Anggota DPRD Sampang Fathul Qoribullah, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Sokobanah, Pj Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama serta masyarakat di Kecamatan Sokobanah.

Musrenbangcam merupakan agenda tahunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 dan forum pembahasan hasil daftar usulan desa di lingkup kecamatan dari berbagai bidang.

Camat Sokobanah Abdul Fatah menyampaikan jika pelaksanaan Musrenbangcam untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang di tingkat desa.

Adapun tujuan lainnya yakni untuk menyelaraskan program baik dari sektor pembangunan, perekonomian dan sebagainya yang akan dilakukan di tahun 2023.

“Sokobanah memiliki banyak potensi mulai dari perikanan, pertanian, wisatanya yang eksotik seperti Lon Malang dan Agrowisata Melon Napote,” ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas program yang sudah direalisasikan, selanjutkan ada beberapa usulan mulai dari program sarana prasarana, sosial budaya, kesehatan dan pendidikan yang diusulkan Desa.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat mengharapkan dengan adanya Musrenbang tidak hanya sekedar acara seremonial namun betul-betul dijadikan sebagai forum mempertajam rencana pembangunan.

Kegiatan Musrenbang dihadapkan tidak menjadi ajang seremonial melainkan betul-betul usulan dari desa yang diprioritaskan.

Pihaknya mengakui karena adanya Pandemi Covid-19 mengakibatkan tidak tercapainya seluruh program yang telah dicanangkan di awal kepemimpinan karena diharuskan melakukan recoufusing anggaran.

“Apa yang dilakukan hari ini harus merupakan usulan program prioritas yang diajukan dari desa sehingga tidak ada program yang akal-akalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkapnya.

Aba Ab berpesan kepada Kepala Desa yang saat ini mayoritas dijabat seorang Pj dengan berlatar belakang ASN memiliki kemampuan diatas rata-rata sehingga diharapkan bisa memajukan desa melalui potensinya masing-masing.

Aba Ab mengharap para Kades bisa mengeksplorasi berbagai potensi yang ada di desa sehingga menghasilkan PADes dan membangkitkan perekonomian warganya.

“Untuk Pj dan Kepala Desa yang masih aktif gunakan dana desanya dengan baik, untuk kepentingan masyarakat sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diungkapkan bahwa Pemkab Sampang tengah menggerojok Jalan Kabupaten diantaranya Sokobanah – Robatal dan Sokobanah – Karang Penang.

“Tahun ini Jalan dari sisi Tobai Timur akan kembali dilanjutkan betonisasi, besar harapan kami dengan dilakukan tersebut bisa terjadi konekting ekonomi antar kecamatan,” tutupnya. (dhe)