Musrenbangcam Omben, Peningkatan Infrastuktur Menjadi Atensi Bupati

Suasana Musrenbang di Kecamatan Omben.

SAMPANG – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2022 digelar di Kecamatan Omben, Senin, (15/2/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat,, Perwakilan Anggota DPRD Sampang Dapil VI, para Kepala OPD, Forkopimcam Omben, Kepala Desa dan Toga serta Tomas setempat.

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang di Camplong itu “Peningkatan dan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dalam mendukung Pemantapan Pemulihan Ekonomi Menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Camat Omben Tanda Sulistiana dalam laporannya menyampaikan bahwa ada banyak beberapa potensi sektor pertanian di wilayahnya.

Mulai dari Kacang Tanah, Bawang Merah, Buah buahan seperti nangka dan rambutan juga tumbuh subur di Kecamatan Omben.

Selain itu juga Sumber Air yang berada di Omben saat ini menjadi mata air sekaligus wisata.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga menandatangani MoU kerjasama dengan Dispendukcapil untuk mempermudah layanan pembuatan KTP, Akta dan sebagainya.

“Program Sakera Mesem terobosan dari Dispendukcapil integrasi pelayanan Dokumen Pencatatan Sipil untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa Pemkab Sampang melakukan program betonisasi dalam pembangunan jalan poros di Kecamatan Omben. Hal tersebut dilakukan agar perbaikan jalan dapat dilanjutkan dan tidak hanya di tempat yang sama dilihat dari evaluasi yang telah dilakukan.

“Jika menggunakan program betonisasi, maka perbaikan jalan poros akan berkembang,” ungkapnya.

H. Slamet Junaidi menjelaskan bahwa program betonisasi yang dilakukan dalam kurun waktu 10 tahun akan mendapat free maintenance (biaya perbaikan).

Dari segi pendidikan, Pemkab Sampang memberikan instruksi kepada Dinas Pendidikan untuk melakukan koordinasi dengan Kemenag Sampang yang juga memfokuskan peningkatan IPM di Kecamatan Omben.

Bupati Sampang menyebutkan bahwa terdapat beberapa lembaga pendidikan yang kurang layak. Lembaga yang bangunannya roboh, dan seterusnya namun , kedepannya banyak perbaikan yang dilakukan.

Pada sektor pariwisata, Bupati berharap agar kepala desa mampu mendirikan destinasi wisata baru. Bisa wisata edukasi ataupun lainnya yang menjadi potensi desa masing-masing.

“Saya minta agar Kepala Desa membuat destinasi wisata baru dan menggali potensi wilayah masing-masing,” ucapnya.

H. Slamet Junaidi juga menyampaikan bahwa bagaimana desa menjadi mandiri dari segi ekonomi dan lainnya. Untuk mandiri dari sektor ini tentunya dibutuhkan campur tangan Kepala desa.

Beliau juga menegaskan bahwa setiap pembangunan pariwisata merekrut karyawan dari masyarakat sekitar.

“Setiap pembangunan pariwisata agar merekrut karyawan dari masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati meminta agar Kepala Desa, Camat, serta seluruh toga mampu bersinergi untuk mengarahkan pedagang di pasar Omben dalam menggunakan stand di pasar. Hal tersebut dilakukan karena banyak stand yang tidak digunakan dan memilih berjualan di tepi jalan.

Kegiatan ini memicu terjadi kemacetan di wilayah sekitar pasar. Untuk itu, Bupati Sampang meminta kepada Dishub dan Satpol PP agar berjaga di pasar omben. Serta melakukan koordinasi lebih lanjut dalam mengatasi kemacetan.

Bupati juga menambahkan bahwa program seperti budidaya ikan harus terlaksana. Beliau meminta Kepala Dinas Perikanan agar berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemkab Sampang mengenai kelangsungan program tersebut. (fza/dhe)