Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Omben, Aba Ab : Usulkan Program Prioritas Berdasarkan Asas Manfaat

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat saat memberikan sambutan.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 di Kecamatan Omben, Senin, (7/2/2022).

Tema Sentral yang dibahas pada dalam Musrenbang tersebut yakni “Pembangunan infrastruktur untuk mendukung pemantapan pemulihan ekonomi serta peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia menuju Sampang Hebat Bermartabat”.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua DPRD Sampang Fadol, Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimcam Omben, Pj Kepala Desa, Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama serta masyarakat di Kecamatan Omben.

Musrenbangcam merupakan agenda tahunan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang Tahun 2023 dan forum pembahasan hasil daftar usulan desa di lingkup kecamatan dari berbagai bidang.

Camat Omben Didik Adi Pribadi menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbancam sendiri merupakan lanjutan dari Musrenbangdes yang telah disepakati beberapa keputusan dan nantinya akan menjadi prioritas di Kecamatan.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan dalam laporannya bahwa berbagai program yang memiliki kebermanfaatan untuk masyarakat telah dilakukan.

Dirinya menyampaikan Musrencangcam sangat penting dilaksanakan mengingat aspirasi masyarakat dari tingkat desa perlunya disampaikan sebagai upaya penyelarasan dan penajaman.

“Kami berharap program yang belum terealisasi dapat dilakukan pemerataan program dari segala sektor di Kecamatan Omben,” ungkapnya.

Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat berpesan kepada Pj. Kepala Desa agar segera menyesuaikan dan optimal membangun desa masing-masing.

Program yang baik menurutnya berawal dari perencanaan yang matang sehingga perlunya diadakannya Musrenbang supaya pembangunan yang ada di desa terintegrasi.

“Musrenbang acara tahunan yang ditujukan agar mencanangkan program prioritas yang diusulkan dari desa di tingkat Kecamatan untuk diteruskan di tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Aba Ab berpesan agar Desa mengusulkan program berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan pihak tertentu sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya.

“Forum Musrenbang harus dimaksimalkan dengan baik, program prioritas berdasarkan manfaat kepada masyarakat harus diutamakan,” pungkasnya. (dhe)