Miliki Alat Canggih, CT Scan di RSUD dr. Mohammad Zyn Dilaunching Bupati Sampang

Alat CT Scan milik RSUD dr. Mohammad Zyn.
(Foto : Prokopim Pemkab)

SAMPANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zyn secara resmi melaunching alat Computerized Tomography (CT Scan) 128 slice di Aula setempat, Selasa (12/10/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sampang H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiawan, Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, Dandim 0828/Sampang Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum, Ketua DPRD Sampang Fadol serta Kajari Sampang dan Ketua PN Sampang.

Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan dan KB dr. Abdullah Najich, Direktur RSU Ketapang, serta Jajaran Managemen RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang.

Pengguntingan pita launching CT Scan oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi dengan ditemani Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat bersama Forkopimda.
(Foto : Prokopim Pemkab)

Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn dr. Agus Akhmadi menyampaikan bahwa alat CT Scan tersebut memiliki peran penting untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sampang.

Pada Tahun 2020, RSUD dr. Mohammad Zyn mendapat bantuan pengadaan Alat Kesehatan berupa CT Scan yang dilaunching pada hari ini dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

Pemeriksaan CT Scan memanfaatkan kecanggihan komputer dan menggunakan mesin Sinar-X yang berputar menghasilkan gambar penampang organ tubuh mulai dari kepala, dada, perut, lutut hingga tulang belakang.

Alat tersebut bisa direkonstruksi untuk keperluan diagnosa maupun tindakan medis yang akan dilakukan.

Hasil pemeriksaan CT Scan akan membantu dokter melakukan diagnosa dan menentukan beragam kondisi pasien dari gangguan otot, patah tulang hingga kanker.

dr. Agus berkomitmen meningkatkan mutu dan pelayanan RSUD dr. Mohammad Zyn bahkan memiliki motto Rumah Sakit Daerah Pelayanan Swasta.

“Motto tersebut tentu bukan hanya sekedar slogan tapi kami tekankan kepada seluruh staff agar diterapkan ketika bertugas, kami sering mengajak mereka untuk belajar ke Rumah Sakit lain untuk ditiru dan diterapkan di Sampang,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan jika peralatan canggih memang sangat dibutuhkan oleh rumah sakit saat ini. Ia berharap, dengan dipenuhinya peralatan yang semakin canggih dan sumber daya manusia yang mumpuni maka pelayanan prima menjadi tolak ukur keberhasilan rumah sakit.

“Sekarang rumah sakit memiliki banyak alat canggih. Seperti CT-Scan ini, orang dengan sangat cepat sekali diperiksa kesehatanya seperti merekam penyakit jantung mudah diketahui hasilnya,” ujarnya.

Haji Idi bercerita bahwa alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beserta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

“Waktu itu Sampang diminta mengusulkan apa kebutuhan yang bisa dialokasikan melalui Kemenkes, kedepan kita akan kembali usulkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Sampang agar RSUD dr. Mohammad Zyn semakin lengkap,” ucapnya.

Dari awal memimpin Kabupaten Sampang, pelayanan RSUD dr. Mohammad Zyn menjadi atensi pihaknya sebab banyak masyarakat yang mengeluh.

“Alhamdulillah saat ini sudah berbenah, banyak masyarakat yang melapor kepada saya sudah ada perubahan di tubuh RSUD dr. Mohammad Zyn, kami apresiasi itu,” ungkapnya.

Alat CT Scan yang dilaunching diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat agar tidak jauh lagi jika memerlukan pelayanan alat tersebut.

“Banyak keunggulan dan kecanggihan dari alat CT Scan, mulai hari ini masyarakat Sampang bisa mendapatkan pelayanan ini bahkan dengan menggunakan BPJS Kesehatan,” pungkasnya. (dhe)