lomba Inovasi desa Tingkat Kabupaten 2019, Juara I di Raih Desa Banyuates,

Diskominfo – Sampang

Bupati Sampang menyerahkan reward kepada Desa berprestasi ini  di Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates yang diwakilkan  oleh Sekda Kabupaten Sampang H. Phutut Budi Santoso yang turut hadirdalam acara tersebut Asisten I Pemkab Sampang H. Nurul Hadi, Kepala DPMD Kabupaten Sampang H. Malik Amrullah, Forkopimcam, AKD dan tokoh masyarakat serta tokoh agama Senin, 22/04/2019.

Dalam kegiatan tersebut di suguhkan berbagai sambutan dengan beberapa tarian selamat datang, penampilan kreatifitas para pemuda di Kecamatan Banyuates yang tergabung dalam Karang Taruna dan ada beberapa suguhan kuliner yang di pamerkan oleh masyarakat Banyuates.

lomba inovasi desa tingkat Kabupaten ada Sebanyak  6 desa dari 180 desa dan 6 Kelurahan di Kabupaten Sampang mendapatkan reward desa berprestasi, dalam lomba inovasi desa tingkat Kabupaten dari Bupati Sampang tahun 2019.

Desa berprestasi yang mendapatkan reward dari Bupati Sampang. Yakni, Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates sebagai juara I, reward ke II diberikan ke Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, dan Desa Jelgung, Kecamatan Robatal mendapatkan III.

Sementara untuk Desa Noreh, Kecamatan Sreseh mendapatkan juara harapan I, Desa Asem Nonggel, Kecamatan Jrengik mendapatkan harapan II dan Desa Rabian, Kecamatan Ketapang mendapatkan juara harapan III

Dalam laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Malik Amrullah menjelaskan, dari 180 Desa dan 6 Kelurahan di Sampang, ada 30 Desa tidak bekembang dan 144 desa ,desa sangat berkembang.

“Bagi desa berprestasi ini mendapatkan reward berupa dana pembinaan masing-masing dari Bupati Sampang juara I sebesar Rp. 35 juta, juara II Rp. 30 juta, juara III Rp. 25 juta, harapan I Rp. 15 juta, harapan II Rp. 12,5 juta dan harapan III Rp. 12,5 juta dengan jumlah Rp. 130 juta”, jelas Malik Amrullah. Malik Amrullah mengatakan, desa yang mendapatkan juara I lomba inovasi tingkat Kabupaten Sampang akan mewakili desa di Sampang ke Provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya bupati Sampang yang di wakili oleh Sekda Kabupaten Sampang H. Phutut Budi Santoso menyampaikan , kegiatan ini sebagai upaya motivasi desa yang belum memproleh penghargaan. Selain itu, reward ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintan Kabupaten Sampang terhadap jerih upaya dan capaian kinerja yang diraih Kepala Desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten  Sampang menambahkan, kepala desa yang berprestasi tahun ini dapat memacu semangat kades lainnya, agar ikut berprestasi dan serius memimpin desa-nya. “Mudah-mudahan misi kita mewujudkan tata kelola pemerintahan dan desa yang transparan, akuntabel dan berorientasi pada pelayanan publik bisa tercapai”, pungkasnya.(why)