Lolos ke Tingkat Jawa Timur, Pemuda Pelopor Asal Sampang Jalani Penilaian Fact Finding

Holimun Nikmah saat penilaian Fact Finding.

SAMPANG – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan penilaian ke Lapangan (Fact Finding) ke salah satu finalis Pemuda Pelopor Perwakilan Kabupaten Sampang, Kamis (24/6/2021).

Fact Finding kali ini di laksanakan kepada salah satu perwakilan Pemuda Pelopor Holimun Nikmah yang lolos ke tingkat Provinsi Jawa Timur di Bidang Agama, Sosial dan Budaya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya tim penilai dari Dispora provinsi Jawa Timur, Plt. Kepala Disporabudpar Sampang H. Marnilem, Anggota DPRD Sampang Moh. Iqbal Fathoni, Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Tokoh Masyarakat dan Agama serta Pemuda.

Tim penilai dari Dispora Jawa Timur.

Holimun Nikmah yang aktif sebagai Ketua Solidaritas Mahasiswa Kabupaten Sampang (SOMAHASA) merupakan satu-satunya delegasi Pemuda Pelopor yang terpilih masuk ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dengan membawa bendera SOMAHASA, pihaknya menjelaskan jika organisasi tersebut merupakan organisasi volunteer kepemudaan yang menjadi wadah kreativitas pemuda dan mahasiswa dalam mengimplementasikan peran dan fungsinya sebagai agen perubahan.

Selain itu, banyak aksi sosial, kebudayaan dan keagamaan yang dilakukan walaupun baru terbentuk dua tahun salah satunya membangun RTLH bersama Kodim 0828/Sampang untuk janda yang hidup serba kekurangan.

“Selain itu, kami juga memiliki banyak tugas untuk merawat dan melestarikan kebudayaan salah satunya musik Bhek Beng yang saat ini sudah jarang kita temui,” ucapnya.

Kedepan pihaknya berharap para pemuda untuk dapat bergerak bersama membangun Kabupaten Sampang dalam segala aspek demi untuk kesejahteraan masyarakat dan mengutamakan value kemanusiaan.

Kepala Disporabudpar H. Marnilem saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Plt. Kepala Disporabudpar Sampang H. Marnilem berharap tradisi juara Pemuda Pelopor yang selalu diraih pada tahun-tahun sebelumnya dapat dipertahankan di Tahun 2021.

Pihaknya sangat mengapresiasi kreasi pemuda Sampang yang terus menyala sebab di jaman yang seperti sekarang, pemuda harus menjadi pelopor dalam hal kebaikan apapun.

“Pemuda pelopor wajib menjadi garda terdepan dan mempelopori suatu hal yang positif sebab pemuda merupakan harapan bangsa, oleh karenanya tidak boleh tergelincir ke hal yang sifatnya negatif,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Komisi IV Sampang Moh. Iqbal Fathoni mengibaratkan Holimun Nikmah dan Somahasanya sebagai pengobat luka di tengah gemerlap kota.

“Saya katakan demikian bukan tanpa sebab, Holimun melalui Somahasanya yang aktif bergerak sosial, kemanusiaan dan sebagainya diartikan memberikan obat di tengah luka yang ada di tengah gemerlapnya kota,” ujarnya.

Bung Fafan berharap Holimun Nikmah meneruskan tradisi juara Pemuda Pelopor Nasional dengan usaha dan ikhtiar serta dukungan dari segala pihak.

Tim Penilai dari Dispora Jawa Timur Joko Susanto mengakui bahwa Pemuda di Kabupaten Sampang memiliki talenta, potensi serta prestasi.

“Jarang ada suatu Kabupaten yang bisa mempertahankan juara berturut-turut, tapi dua tahun terakhir Sampang membuktikan itu,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap akan terus bermunculan pemuda dari Kabupaten Sampang yang memberikan prestasi yang positif khususnya bisa mempertahankan gelar Pemuda Pelopor Nasional. (dhe)